Sabtu, 21 April 2012


KARUNIA ROH (SPRITUAL GIFT)
Pendahuluan:
   Kata “karunia” dalam bahasa Yunani disebut dengan Karisma yang artinya diberikan dengan gratis.
Pembahasan:
   Ada 3(tiga) fungsi karunia rohani menurut Efesus 4:12 yakni :
i.                    Untuk memperlengkapi orang-orang kudus (Ini untuk orang luar dan orang dalam)
ii.                  Untuk pekerjaan pelayanan (Untuk orang luar dan orang dalam).
iii.                Untuk pembangunan tubuh Kristus (untuk anggota).
BEDA DENGAN TALENTA ALAMIAH:
   -Apakah orang yang bukan Kristen mempunyai karunia roh?  Jawabnya: Tidak!  Hanya orang Kristen.  Orang yang bukan Kristen mempunyai TALENTA  ALAMIAH dari Allah.  Ingat bahwa Allah yang memberikan setiap karunia.

PERBEDAAN KARUNIA-KARUNIA ROH DAN BUAH ROH:
A.      KARUNIA-KARUNIA ROH:                                B.BUAH ROH (Galatia 5:22,23)
*Apakah semua orang dapat mempu-           *Apakah semua orang mempunyai buah
 nyai karunia-karunia roh?.                              Roh?.

Jawab: Didapat kalau di baptis.                      Jawab: Tidak. Contoh: Kasih ---Itu sebabnya
                                                                        ada masalah di Jemaat.  Ini adalah hasil
                                                                        penyucian(The result of sanctification).
Apakah anda dapat melaksanakan Karunia Roh tanpa Buah Roh.  Jawabnya: Tidak!.  Dapatkah anda menginjil tanpa kasih?.  Tidak!  Inilah yang menjadi problem 1 Korintus 13 “Gong yang berkumandang”./KOSONG.
   Kalau anda adalah Kristen ---itu bukan Talenta.

  E.G. White, Christ Object Lesson, hlm.327 menulis begini:
        “All men do not receive the same gifts, but to every servant of the Master some gift of the Spirit is promised.”
   Sebelum Kristus meninggalkan para murid-Nya, kita boleh baca: Yohanes 20:22; Lukas 24:29; 1 Korintus 12:11.
  
   The gifts are already ours in Christ, but their actual possession depends upon our reception of the Spirit of God.  It is the absence of the spirit that makes the gospel ministry so powerless. 
   Yang lain-lain mungkin dimiliki  (talenta, dll), but without the presence of the spirit of God, NO HEART WILL BE TOUCHED, no sinner be won to Christ.”

   BUAH ROH:  Baca Galatia 5:22,23.  Kata tunggal(singular): BUAH-- -maksudnya ialah bahwa cirri-ciri ini harus jalan di dalam kehidupan seorang Kristen seumur hidup.
   *MEMILIKI BUAH ROH – ini merupakan Pre requisite.  Syarat Karunia Roh. 
   *Tidak dapat melaksanakan Karunia-karunia Roh tanpa buah roh.(can not exercise).
   *Ilustrasi: Kita melihat sebagai contoh, ada orang bukan Kristen –lebih mengasihi kelihatannya daripada orang Kristen.  Apakah mereka punya buah Roh?.  Itu adalah Temperamen alamiah(Natural temperament).  Memang ada yang lahir memiliki: Kasih.  Jadi buah Roh: Hanya untuk orang Kristen.

PERBEDAAN : KARUNIA-KARUNIA ROH & PERANAN ORANG KRISTEN.

*Ada orang-orang yang bersifat DERMAWAN dan baik hati (Kedermawanan dan Kebaikan Hati).
*Dapatkah saya mengatakan: Karena  saya tidak mempunyai kedermawanan / kebaikan maka saya tidak dapat kembalikan perpuluhan dan persembahan?.
* APAKAH SAYA  HARUS MELAKUKAN PERANAN KRISTEN: Kembalikan Persepuluhan dan persembahan?.  Jawab: Itu adalah Tanggung Jawab Kekristenan.
* Makin miskin kita, makin kita bertanggungjawab kepada Tuhan….supaya kita jangan mendapat kutuk dari Allah.  Itulah sebagian alasan umat Tuhan: “Saya terlalu miskin…jadi tidak dapat mengembalikan persepuluhan.

COLGATE: Sebelum meninggal dia berikan persepuluhannya: 90%.  Banyak gereja Kristen yang mengikuti kita sekarang  dalam hal persepuluhan ini.

*Kita tidak bisa mengizinkan orang orang hidup dibawah kutuk Allah.
*Walaupun kita bukan seorang Milioner, tetapi kita harus lakukan: CHRISTIAN ROLE  Hendaklah kita masing-masing melakukan tanggung jawab Kekristenan kita.  Mana tanggungjawab Kekristenan saya?.  Mungkin ada orang yang berkata: Saya tidak dapat melakukan Evangelisasi tetapi hanya bagikan TRAKTAT.  INI BAIK!!!.

KARUNIA-KARUNIA ROH (Spritual Gifts)
   ADA 3 BAGIAN UTAMA TENTANG KARUNIA ROH.
   ROMA 12
   1 KORINTUS 12
   EFESUS 4
   Berapa banyak karunia-karunia roh?.  Jawab: Kita tidak tau!.  Lebih banyak kita belajar maka lebih banyak pula yang kita tidak tau (The more we study, the more we don’t know).  Banyak debat yang terjadi mengenai Karunia Roh.  Ada yang katakana: 14, dst….  Berapa sebenarnya karunia roh?  MARI KITA TELITI.

I.                    ROMA 12:6-8 KARUNIA : bernubuat, melayani, mengajar, menasehati,membagi-bagikan sesuatu(giving), memberi pimpinan(leadership), menunjukkan kemurahan(Mercy)-----ADA 7.
II.                  1 KORINTUS 12: 8-10; 28  KARUNIA : untuk berkata-kata dengan Hikmat(wisdom), berkata-kata dengan pengetahuan(Knowledge), iman, untuk menyembuhkan(healings), kuasa untuk mengadakan mujizat, karunia untuk membedakan bermacam-macam roh(discerning spirit), berkata-kata dengan bahasa roh(tongue), untuk menafsirkan bahasa roh itu(Interpretation of tongue), Rasul, melayani(helpers), untuk memimpin (administrator).   ADA : 11.
III.                EFESUS 4:11 KARUNIA :  Pemberita-pemberita Injil(Evangelist); Gembala-gembala(Pastors) ----ADA 2(dua).  TOTAL : 20.
   DISAMPING 20, ADA LAGI 7 : Celibacy, Voluntary poverty, Martyrdom, Hospitality, Missionary,Intercession, Exorcism (usir setan).  JADI ADA 27.  TAPI MASIH ADA LAGI……
                                                                                    ===