Minggu, 20 Oktober 2013

Cara-cara Memelihara Cinta.







    Sisi baik memiliki hubungan cinta yang telah berjalan lama adalah rasa aman karena yakin memiliki hubungan yang dapat diAndalkan. Sayangnya, semakin lama hubungan berlangsung, kita kerap jadi melupakan karunia cinta yang sudah dimiliki. Mari kita ikuti cara-cara memelihara cinta lewat cara saling menghargai.

1. MENSYUKURI HAL KECIL
Mungkin Anda selalu mengatakan terima kasih bila pasangan Anda melakukan sesuatu yang besar, seperti menyelamatkan dokumen di komputer atau membereskan gudang. Dengan berjalannya waktu, kita tidak lagi memperhatikan hal-hal kecil yang diberikan oleh pasangan kita. Hal-hal rutin yang dilakukannya kita anggap biasa dan sudah seharusnya dikerjakan olehnya. Misalnya, membetulkan genteng bocor atau mencuci piring kotor, sehingga kita merasa tidak perlu mengatakan terima kasih.

Padahal ucapan terimakasih membuat pasangan merasa dihargai dan selalu berusaha melakukan hal-hal yang membuat kita senang. Dia juga akan mengatakan terima kasih terhadap hal-hal kecil yang kita lakukan untuknya.

2. LEWATKAN RUTINITAS
Sering Anda berdua terlalu sibuk dengan rutinitas urusan rumah tangga sehingga membuat lupa bahwa Anda berdua pun memerlukan waktu santai, bercanda, dan bersenang-senang.

Solusinya, luangkan waktu untuk berdua. Artinya, seandainya sepulang kantor Anda masih harus memasak untuk makan malam, manjakan diri Anda berdua dengan makan malam di luar. Atau bila biasanya sepulang kantor Anda masih harus mencuci mobil, bawalah mobil Anda ke tempat cuci mobil otomatis dan sambil santai di dalam mobil manfaatkan waktu yang sedikit tadi untuk saling menceritakan kejadian yang dialami seharian.

3. KATAKAN: SAYA SAYANG KAMU
Sisihkan dua menit dari kesibukan rutinitas Anda untuk mengatakan ‘Saya sayang kamu’. Ucapkan dengan mesra dan di saat yang tidak terduga, seperti misalnya pada saat pasangan Anda sedang membaca koran atau sibuk mengajarkan pekerjaan rumah kepada anak-anak.


4. MENJAGA KEBERSIHAN & KERAPIAN
Bila sudah merasa nyaman terhadap suatu hubungan, sering membuat kita tidak lagi memperdulikan kecantikan diri sendiri. Begitu berada di rumah, kita lebih suka pakai daster yang tidak akan pernah kita kenakan di depan orang banyak, atau membiarkan rambut tergerai tanpa disisir. Parahnya, pasangan kita pun tidak mempedulikan kebiasaan buruk kita tadi. Mereka tidak mengomel ataupun tidak memberikan pujian pada saat kita berdandan rapi.

Tidak bisa dipungkiri, memiliki pasangan yang selalu setuju dengan apa yang kita lakukan merupakan pemberian yang luar biasa. Tetapi tanpa kita sadari lambat laun membuat kita dapat dengan mudah menyalahgunakan sikapnya yang selalu menuruti kehendak kita. Tampil rapi bukan berarti Anda harus selalu tampil dengan tatanan rambut sempurna selama di rumah. Tetapi paling tidak, sisirlah rambut dengan rapi. Kerapian tidak hanya Anda lakukan untuk pasangan Anda, tetapi juga untuk diri Anda. Percayalah, dengan penampilan yang rapi dan bersih, Anda akan merasakan sensualitas tubuh Anda dan hal ini dapat membantu kedekatan dan romantisme Anda dan membuat cinta menjadi menyenangkan.

5. TATAPAN MATA
Tataplah mata pasangan dengan pandangan yang lembut, agar hubungan tetap terjaga. Tatapan mata yang lembut dapat mengandung efek magis. Apa yang menjadi pusat perhatian Anda, kembangkan. Bila Anda memutuskan, ‘Saya akan melihat sisi baiknya’, maka pasti akan ada jalannya.

Hal ini tidak berarti Anda tidak boleh jenuh, kesal atau kecewa. Menghargai hubungan Anda bukan mengenai romantika cinta yang tidak realistk yang sering kita baca di dalam novel percintaan tetapi menyadari bahwa walaupun ada saat-saat di mana Anda berdua sedang bertengkar, kehadiran Anda berdua tetap tidak tergantikan oleh siapapun.

6. LAKUKAN HAL KECIL BERSAMA
Ada pasangan yang sangat romantis yang selalu ingin membuat kejutan bagi pasangannya. Tetapi bila Anda bukan jenis yang terlalu romantis, cukup lakukan hal-hal kecil yang berarti setiap harinya. Melakukan hal-hal kecil yang berarti satu sama lain merupakan cara untuk saling memperhatikan dan menghargai. Hal-hal kecil seperti ini seringkali lebih berarti daripada sesuatu yang besar, karena Anda menggunakan pengetahuan dari dalam diri Anda untuk membuat dia mengerti dan mencintai Anda. Misalnya bila suami Anda pulang larut malam karena harus lembur, tuliskan “Sayang, saya cinta kamu” di tempat gantungan kunci mobil. Dia pasti akan membacanya.

7. MENCINTAINYA SETIAP SAAT
Tunjukkan cinta Anda setiap saat, seakan-akan besok dunia akan kiamat. Jangan tunggu sampai sesuatu yang buruk terjadi untuk menghargai hubungan Anda. Mendapatkan hubungan yang solid, di mana lebih banyak yang benar daripada yang salah, merupakan karunia yang luar biasa. Hargai dan jaga baik-baik apa yang telah Anda miliki.

8. BERI SENTUHAN
Bila Anda ingin memperlihatkan kepada pasangan Anda betapa Anda menghargainya, berikan sentuhan mesra kepadanya. Sentuhan membuat seorang pria merasa dicintai lebih dari kata-kata. Mengapa? Pria cenderung mengekspresikan cintanya melalui tindakan lebih daripada kata-kata, oleh karena itu bila Anda merangkul tubuhnya, Anda menggunakan bahasa yang sama dengannya. Tentu saja tidak berarti dia tidak menyukai kata-kata manis yang Anda ucapkan, tetapi elusan tangan Anda di dadanya sungguh-sungguh membuatnya merasa dikagumi. Jangan biarkan satu hari berlalu tanpa pelukan manja, ciuman mesra ataupun elusan lembut bila dia melakukan sesuatu yang menyenangkan.

CARA MENGHARGAI PASANGAN ANDA :

Ada 14 “Anda harus” yang perlu diperhatikan dibawah ini :

1. Anda harus… Mengungkapkan penghargaan anda dengan kata-kata.
Mungkin anda sering berkata dalam hati, “aku memang menghargainya”. Yah, mungkin ia mengetahuinya, tapi mungkin juga tidak. Maka alangkah baiknya jika anda memastikan bahwa ia mengetahuinya dengan mengatakannya.
2. Anda harus…Mencintai Dia sebagaimana dirinya sebenarnya.
Seorang pria tidak perlu mempunyai tubuh seorang atlit atau berwajah seperti Brad Pitt, atau berdompet konglomerat untuk menjadi romantis. Dan seorang wanita tidak perlu bersikap seperti Miss Universe untuk menginginkan keromantisan. Ia tidak perlu menjadi manajer yang sukses untuk memperoleh hormat, penghargaan dan pujian. Ia anggun sebagaimana dirinya. Biarkan ia mengetahui hal itu. Doronglah kekuatannya. Rayakan keberhahasilannya. Hargailah dirinya yang sebenarnya.
3. Anda harus…Menghargai apa yang dilakukannya.
Entah dia bekerja sepanjang hari di kantor ataupun mengurus rumah, ia banyak melakukan hal tanpa mendapat komentar dan penghargaan. Janganlah meremehkan apapun. Perhatikan apa yang dilakukannya dan beritahukan kepadanya mengenai keberhasilannya. Mungkin dia berhasil melobi suatu kontrak bisnis, mengurus laporan keuangan, atau berhasil membuat kue sederhana. Bila ia berhasil melakukan sesuatu, baik untuk pertama kalinya ataupun yang sudah dilakukannya selama bertahun-tahun, entah itu hal sepele atau istimewa, pujilah dia.
4. Anda harus…Mengakui kecantikannya.
Playboy, majalah sensual Amerika, telah menetapkan standar kecantikan dan keseksian yang hanya dapat diraih oleh sedikir wanita untuk bisa tampil di majalah tersebut. Walaupun pasangan anda tidak dapat diukur oleh standar itu, ia memiliki banyak kualifikasi fisik yang anda cintai. Biarkan dia mengetahui bahwa bagi anda, ia adalah wanita tercantik di dunia.
5. Anda harus…Menyediakan waktu.
Ketika anda jatuh cinta, anda akan mengalami banyak waktu dengan wanita tersayang itu. Anda mendengarkan semua pikirannya, harapannya dan perasaannya. Dan anda mungkin sudah lama menahan perasaan anda. Anda mencoba mengetahui apa yang menjadi keinginannya dan anda menerimanya. Anda akan selalu berusahan untuk mengerti pasangan anda. Tetapi setelah memasuki kehidupan setelah perkawinan, semua berubah. Begitu anda memperoleh perhatian pasangannya, ia tidak lagi merasa perlu untuk berusaha keras menyenangkannya. Bila sekarang anda tidak lagi meluangkan waktu dengannya, bila anda tidak lagi berbagi, mendengarkan dan bermimpi bersama wanita yang anda cintai, artinya anda perlu membuat rencana lagi untuk menjadi orang yang romantis seperti dulu. Dan bila anda ingat bagaimana menyenangkannya hari-hari itu, anda tahu anda akan menikmati pengalaman yang baru ini
juga.
6. Anda harus…Menjadikan dia prioritas anda.
Wanita yang anda cintai ingin merasa bahwa ia adalah prioritas pertama, seperti juga diri anda bagi dirinya. Di dalam pikiran anda, tanpa diragukan lagi, ia sudah menjadi prioritas pertama. Tetapi ia tidak dapat membaca pikiran anda. Dan hanya dengan memberitahukannya tidaklah cukup. Tunjukkan kepadanya.
Ketika anda membuat rencana lainnya, pastikan anda sudah memikirkan kebutuhan pasangan anda. Jika anda ingin bermain tennis di Minggu sore, pastikan bahwa hal itu tidak menomorduakan rencana dan harapan dari pasangan anda.
7. Anda harus…membuat waktu untuk “kita”.
Menghabiskan waktu berdua, jauh dari gangguan yang lain, sangatlah penting untuk menjaga keromantisan suatu hubungan.
8. Anda harus…Tetap mengingatnya.
Pasangan anda ingin mengetahui bahwa anda mengingatnya ketika anda berpisah jauh. Anda bisa menghubunginya secara teratur setiap hari jika anda berada di luar kota. Atau jika anda sedang menjalin hubungan jarak jauh anda bisa menghubunginya dengan surat atau telpon setiap minggu, jika anda memiliki HP, kirim pesan-pesan romantis setiap hari. Anda bisa menelponnya sebelum anda pulang kerja untuk memberitahunya bahwa anda akan segera pulang ke rumah.
9. Anda harus…Tetap berdekatan dengannya.
Sentuhan di bawah meja, pelukan yang tidak diduga, ciuman tiba-tiba – itu adalah ciri-ciri sikap romantis. Tentu saja sangatlah penting bahwa anda menyentuh, memeluk dan mencium pasangan anda sebelum, ketika dan setelah berhubungan intim. Tetapi juga sangatlah penting
baginya untuk mengetahui bahwa anda menyukai kedekatan itu setiap saat dengan cara menyentuh, memeluk dan menciumnya tanpa maksud sensual di saat-saat anda tidak merencanakan untuk bersetubuh. Genggamlah tangannya pada waktu menyeberang jalan atau berikan pelukan ketika anda hendak berangkat kerja.
10. Anda harus…Membantu dia menjadi dirinya yang terbaik.
Berikan dukungan kepada pasangan anda untuk mengembangkan kemampuannya sepenuhnya. Temukanlah kesenangannya dan tanyakan kepadanya tentang mimpi-mimpinya. Semakin besar nilai diri yang diperolehnya, semakin gembira hidupnya. Dan semakin gembira pula diri anda bisa berada di sampingnya.
11. Anda harus…Membuktikan cinta anda.
Bagaikan ksatria berani yang mengusir naga untuk sang putri, anda bisa menunjukkan kepada pasangan anda bahwa ia adalah cinta anda yang sebenarnya. Seorang wanita ingin agar prianya melakukan hal-hal yang selama ini tidak pernah dilakukan prianya untuk orang lain. Ini bisa
berarti membuatkan sebuah rak buku, mencuci piring kotor setelah makan malam, memasang popok bayi anda, atau merajang bawang di dapur.
12. Anda harus…Mengulurkan tangan.
Di jaman modern ini, dogma yang sudah terlanjur dianut oleh masyarakat adalah, “sang pria bekerja seharian di kantor, si wanita di rumah menyiapkan makan malam yang lezat”. Sekalipun wanita telah berhasil mendobrak apa yang selama ini menjadi dominasi para pria seperti
dunia usaha, keuangan bahkan peperangan, wanita masih tetap memegang tanggung jawab utama dalam memasak, berbelanja, membersihkan rumah dan cucian. Hancurkan dogma itu! Mulailah dengan melakukan beberapa tugas. Anda bisa menawarkannya untuk memperbaiki perangkat stereonya, membetulkan pompa air, atau mengganti oli mobil.
13. Anda harus…Menunjukkan rasa hormat.
Wanita yang anda cintai menginginkan anda menjadi pahlawannya. Tidak peduli betapa berhasilnya dia dalam kehidupan kariernya, ia masih memerlukan seorang pria yang dapat diandalkan. Tunjukkan padanya bahwa anda pantas mendapatkan cintanya. Berbagai tindakan kasar kepadanya akan membuatnya menjauhi anda. Ketahuilah pasangan anda, ketahuilah toleransinya. Perhatikan hal-hal yang menakutkannya, memalukannya atau membuatnya marah. Dan janganlah anda pernah melakukan itu.
14. Anda harus…Membiarkan dia membantu.
Seorang wanita yang ,mencintai ingin membantu pasangannya. Bila anda mempunya kesulitan di dalam pekerjaan, memikirkan tentang teman atau keluarga, suatu situasi menyakitkan yang membuat anda ingin melarikan diri, berbagilah tentang semua itu dengan wanita yang
anda cintai. Ia akan merasa sangat istimewa bila anda membiarkan diri anda sendiri terbuka kepada dirinya. Bahkan bila ia tidak mempunyai jawabannya sekalipun, ia akan memberikan dukungan, kenyamanan dan bantuan.

   Dengan menerapkan ke 14 “Anda harus” ini, kiranya setiap pasangan akan menjadi suami-istri yang berbahagia.