Selasa, 29 Oktober 2013

Khasiat Bawang Putih bagi Tubuh.

Inilah 22 Kasiat Bawang Putih bagi Tubuh

    Bawang putih ternyata tak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan saja. Bawang yang mempunyai aroma khas ini ternyata mempunyai banyak kasiat yang tak banyak diketahui. Inilah kasiat dari bawang putih:
    1. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan
    2. Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
    3. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.
    4. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
    5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.
    6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.
    7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.
    8. Bawang putih mengandung vitamin B.
    9. Bawang putih mengandung vitamin C.
    10. Bawang putih mengandung kalsium.
    11. Bawang putih mengandung potasium
    12. Bawang putih mengandung antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium
    13. Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.
    14. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
    15. Meringankan tukak lambung
    16. Menurunkan kolesterol dalam darah
    17. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
    18. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
    19. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
    20. Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
    21. Menjaga stamina tubuh
    22. Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

    http://www.lensaindonesia.com/2012/01/21/inilah-22-kasiat-bawang-putih-bagi-tubuh.html

   Bawang putih (Allium sativum) berasal dari Asia tengah tinggi sekitar 50-60 cm dan termasuk kedalam family Liliacea. Untuk penyembuhan dianjurkan agar mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk mentah, segar, berwarna putih dan tidak ada tanda-tanda akan tumbuh tunas sebnyk 3 siung per minggu. Bawang putih yang baik adalah umbinya penuh, tidak lunak, bebas dari kerusakan dan noda hitam serta tidak bertunas hijau.
Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol untuk mencegah Jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Selain itu juga, umbi bawang putih mengadung beberapa zat diantaranya :

    Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
    Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
    Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
    Belerang
    Protein
    Lemak
    Fosfor
    Besi
    Vitamin A, B1 dan C.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi pengobatan dan kesehatan:

1. BRONCHITIS
1 Siung bawanng putih + 15 gram jahe + 3 buah mengkudu / pace matang dipotong-potong. Semua bahan lalu diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk sampai rata dan kemmudian diminum (LAKUKAN SECARA TERATUR).

2. INFLUENZA
2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe + 2 buah mengkudu / pace yang matang dicuci bersih lalu dipotong-potong. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih kemudian airnya diminum selagi hangat.

3. REMATIK
15 gram akar bawang putih + 5 butir cengkih + 1 buah mengkudu / pace yang matang dicuci lalu dipotong-potong. Semua bahan diblender dengan air secukupnya kemudian diminum.

4. BERI-BERI
1 siung bawang putih + 50 gra pepya matang + 100 gram anggur. Semua bahan dijus tambahkan air secukupnya lalu diminum.

5. MIGRAIN
2 batang daun bawang putih + 15 gram jahe + 5 buah manggis (ambil dagingnya). Semua bahan diblender dengan air secukupnya lalu diminum.

6. DARAH TINGGI (HIPERTENSI)
1 siung bawang putih + 1 buah pisang + `5 gram jamur hioko yang telah direndam samaoilebut, lalu dikukus hingga matang. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, tambahkan 2 sendok makan madu aduk rata kemudian diminum.

7. RADANG TELINGA
2-3 batang daun bawang putih + 30 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya + 3 buah manggis (ambil dagingnya). Semua bahan diblender dengan air scukupnya lalu diminum.

8. SINUSITIS
2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe + 10 gram rambut jagung diblender dengan iar hangat secukupnya, lalu diminum.

9. ASMA
7 Siung bawang putih dimasukan kedalam bagian tengah 1 buah melon ukuran kecil (yang telah dikupas kulitnya) yang telah dilubangi, lalu tutup kembali. Setelah itu kukus sampai matang dan blender dengan air secukupnya, lalu diminum.

10. BATUK
1 siung bawang putih + buah belimbing manis diblender dengan air secukupnya, lalu tambahkan 2 sendok makan madu, aduk rata lalu minum.

11. DIARE
5 buah bawang puith yang telah dukukus, diblender dengan 150 cc air hangat. Minum selagi hangat.

12. GONDONGAN (PAROTITIS)
3 batang daun bawang putih + 1 butir putih telur ayam (rebus hingga matang) diblender dengan air secukupnya + madu secukupnya, aduk rata lalu minum.

14. SERING BUANG AIR KECIL (POLYURIA)
Bawang puith secukupnya + 10 gram jahe + 250 gram ubi jalar merah dibakar dengan kertas aluminium foil hingga matang. Semua bahan direndam dengan air garan selama 2 jam, lalu saring airnya. Setelah disaring airnya, semua bahan diblender dengan air secukupnya lalu diminum.

15. HAID TERASA SAKIT
3 batang daun bawang putih + 15 gram adas diblender dengan 200 cc air hangat, lalu diminum.

16. KANKER LAMBUNG
20 gram bawang putih diblender denga air saringan seduhan teh hijau dan 500 cc air panas selama 5 menit, lalu tambahkan 25 gram gula merah kemudian diminum.

17. KANKER PARU-PARU
Bawang putih dijus secukupnya, lalu diminum sebanyak 10-30 cc.

18. KANKER PAYUDARA
3 siung bawang puith + 200 gram brokoli dikukus 30 menit , lalu diblender dengan air secukupnya. Tambahkan 2 sendok makan madu, aduk rata lalu diminum.

19. PENCEGAH KERACUNAN
6 gram bawang puith dibersihkan lalu dimakan selama dua kali sehari.

20. BISUL, BOROK DAN BENGKAK KARENA KERACUNAN
Bawang putih secukupnya ditumbuk lalu dibubuhkan kebagian tubuh yang sakit tutup denga kain / verban.

21. DISENGAT LIPAN
Tumbuk bawang putih secukupnya dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

22. OBAT PENCEGAH PILEK
Tumbuk bawang putih secukupnya sampai halus kemudian tambahkan air matang yang dingin secukupnya sampai tercampur. Campuran ini teteskan ke hidung secara teratur.

Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umum flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.

23. PENCEGAH DISENTRI
10 gram bawang putih dikupas kulitnya tumbuk halus rendam selama 6 jam dalam air hangat yang matang dan tambahkan gula secukupnya. Bagi tiga bagian dan minum 3 X sehari.

24. TBC
30 gram bawang putih berwarna keunguan kupas kulitnya + 30 gram beras. Bawang putih yang telah dibersihkan masukan kedalam air mendidih selama 1 menit (masak setengah matang). Air rebusan bawang putih campur dengan beras, masak kedalam dandang. Makan setelah makan nasi Lakukan setipa hari dengan tambahan konsumsi bawang putih 4-5 siung setiap hari selama 100 hari.

25. PENCEGAH RADANG SELAPUT OTAK BELAKANG
5 gram bawang putih bersihkan, lalu dimakan pada waktu makan. Selesai makan cuci mulut dengan air garam . Lakukan selama 3 hari.

26. PENDARAHAN HIDUNG
Tumbuk 10 gram bawang putih dan letakkan ditelapak kaki bagian tengah penderita. Jika pendarahan berasal dari hidung sebelah kanan, bawang putih tadi letakkan dibagian telapak kaki sebelah kanan penderita, begitu sebaliknya. Jika pendarahan dari kedua lubang hidung, maka letakkan dikedua telapak kaki. Pendarahan tidak akan berhenti sampai telapak kaki panas.

27. RADANG LAMBUNG AKUT.
Kupas kulit 6 gram bawang putih tambahkan garam secukupnya kemudian ditumbuk. Kemudian tambahkan air hangat yang matang dan sajikan 1-2 kali sehari kepada penderita. Lakukan selama beberapa hari.

28. PENGUMPULAN CAIRAN SEROSA DIDALAM RONGGA PERUT (ASCITES)
Penyebabnya karena mengerasnya jaringan hati. Untuk pengobatan bawang putih secukupnya direbus dalam minyak kacang tanah dan dimakan sebagai sayur. Lakukan tiap hari selama 2-3 bulan.

29. IMPOTENSI
10 grma bawang putih + 10 gram adas + 25 gram pulosari + 20 gram merica + 5 gram kunyit + 10 gram madu + 2 butir telur ayam kampung. Bahan adas, pulosari, merica dan bawang putih ditumbuk halus jadi satu dan bubuhi air panas secukupnya. Setelah agak dingin campurkan madu dan kuning telur ayam tadi lalu aduk hingga rata. Ramuan ini diminum menjelang tidur malam atau pada pagi hari dua kali dalam seminggu selama sebulan.

30. MENINGKATKAN STAMINA
Makan 1 siung bawang putih bersama daun seledri. Lakukan sehari dua kali ( pagi dan sore hari ).

31. SAKIT GIGI
Umbi bawang putih secukupnya dihancurkan terlebih dahulu lalu sisipkan kedalam gigi yang sakit kemudian angkat setelah 15 menit. Bila terasa panas membakar jangan diulangi ramuan ini.

32. ISTRI MANDUL
2 siung bawang putih + 10 gram umbi bangle + 5 gram jungrahap + 5 gram kencur + 5 gram manis jangan. Semua bahana dicampur ditumbuk halus, kemudian diberi air panas lalu diperas dan disaring hingga airnya tersisa1 gelas. Ramuan ini diminum pagi hari dan lakukan dua hari sekali.

33. MEMPERTAHANKAN KEBUGARAN TUBUH
Haluskan bawang putih secukupnya + wortel secukupnya + daun seledri + merica bubuk + garam secukupnya. Blender semua bahan sebagai jus. Minum jus tersebut dua kali dalam satu minggu dan lakukan secara teratur.

34. MEMPERTAHANKAN GAIRAH SEKSUAL

35. MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

40 persen manusia dewasa tercatat memiliki masalah serius dengan kadar kolesterol yang tinggi. Jika ini dibiarkan maka dapat membentuk plak yang menyumbat peredaran darah dan menyebabkan serangan jantung. Bawang putih sudah terbukti secara medis dapat mengurangi LDL hingga 20 persen.

36. MENURUNKAN GULA DARAH

Diabetes adalah kondisi dimana gula darah tidak dapat diubah menjadi energi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam kadar yang cukup. Bawang putih diketahui dapat membantu dan merangsang tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak hingga dapat mengubah gula darah menjadi energi dan meringankan diabetes.

37. MENGHILANGKAN LOGAM BERAT
38. MELINDUNGI SERNGAN KANKER
39. PENAWAR RACUN
40. PENGOBATAN GANGGUAN PENCERNAAN.

41. MENGONTROL BERAT BADAN

Berat badan adalah masalah klasik yang dari dulu hingga sekarang menjadi masalah bagi sebagian orang, terkait dengan hal ini ada penelitian yang menggunakan tikus sebagai bahan eksperimennya. Hasilnya tikus yang diberi makan bawang putih mengalami penurunan berat badan, sedang tikus lain yang diberi makan buah lainnya mengalami kenaikkan berat badan.

42. MENGURANGI BAHAYA RADIKAL BEBAS

Radikal bebas merupakan senyawa yang ada dalam setiap tubuh manusia, hal ini baru menjadi masalah serius jika senyawa tersebut menumpuk dalam tubuh. Bawang putih bekerja sebagai antioksidan alami yang dapat mengurangi dan mencegah penumpukan senyawa tersebut.

43. MEMBUKA DAN MEMPERLANCAR JALAN DARAH

Mengunyah bawang putih merah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

44. MENGHAMBAT PENURUNAN FUNGSI OTAK DAN ANTIBODY

45. MENCEGAH PENGGUMPALAN DARAH.

Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

46. PEREDA STRESS DAN DEPRESI

Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.

47. PENAMBAH NAFSU MAKAN

Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah.

48. MENGOBATI JERAWAT

Untuk mengobati jerawat di wajah Anda, Anda bisa memanfaatkan satu siaung bawang putih. Caranya, haluskan satu siung bawang putih kemudian Anda oleskan di atas jerawat. Diamkan sekitar 10 menit atau lebih saat malam hari. Jika jerawat Anda tidak terlalu parah, maka pada pagi hari jerawat tersebut sudah kempes dan mengecil.

49. MENGHILANGKAN KOMEDO

Komedo biasanya muncul disekitar hidung, dan ini cukup mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan komedo, caranya cukup dengan menghaluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah kulit yang ada komedo hitamnya.

50. MENGHILANGKAN BEKAS LUKA / TAHI LALAT

Sifat anti bakteri dan anti peradangan yang dimiliki bawang putih membuatnya berguna untuk menghilangkan bekas luka atau tahi lalat. Kalau Anda mempunyai bekas luka yang tidak sembuh-sembuh, maka oleskan saja bawang putih di atas bekas luka tersebut.

51. MELEMBUTKAN KULIT WAJAH

Kandungan senyawa Allicin yang ada dalam bawang putih berkhasiat untuk melembutkan kulit wajah. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan bawang putih halus di masker wajah yang biasanya Anda gunakan. Kemudian rasakan betapa halusnya kulit wajah Anda.


[Dari berbagai sumber]
                                                     
                                                     PDII - LIPI

Bawang Putih (Allium sativum L.)


Tanaman ini termasuk familia Liliaceae. Tumbuhan ini tumbuh semusim.

Tumbuhan ini dapat dikembangbiakkan melalui umbinya.

Kandungan : minyak atsiri, aliin, kalium, saltivine, diallysulfide.

Kegunaan :
   

Hipertensi. a> 2-3 siung bawang putih dikupas, cuci, kunyah, lalu ditelan sambil minum air hangat. Lakukan 3 kali sehari. b> Bawang putih dibakar sampai matang, makan. Dua hari pertama makan 6 siung selanjutnya selama seminggu makan 2 siung. (4)

Sakit kepala. Umbi bawang putih dilumatkan, lalu borehkan pada dahi. (4)

Flu. Bawang putih, bawang merah, jahe dengan takaran yang sama dikupas, cuci, seduh. Tutup selama 15 menit, sisihkan jahenya, makan bawang merah, bawang putih, minum airnya. (4)

Disentri. 2 siung bawang putih dikupas, cuci, rebus dengan segelas air. Minum sebelum makan. Lakukan 3 kali sehari, selama 2-3 hari. (4)

Batuk rejan dan bronkhitis. 30 gram bawang putih, kupas, cuci, lumatkan, campur dengan gula batu dan segelas air matang, diamkan selama 5-6 jam. Minum 1 sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari. (4)

Borok. 2-3 siung bawang putih dikupas, cuci, lumatkan, campur dengan 1 sendok minyak kelapa sampa rata. Oleskan pada bagian yang bengkak. (4)

Luka kena benda tajam berkarat. Bawang putih dikupas, cuci, bakar, celupkan ke dalam minyak kelapa, lumatkan. Oleskan pada bagian yang luka. (4)

Cacingan. 3 siung bawang putih dikupas, cuci, kunyah sampai halus, telan dan minum air hangat. Lakukan 1-2 kali sehari. (4)

Nyeri haid. 2 siung bawang putih dikupas, kunyah halus, telan. Minum 2 sendok makan air hangat. Lakukan 2 kali sehari. (4)

Migrain. 2 siung bawang putih dikupas, cuci, kunyah perlahan sampai lumat lalu telan dan minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari. (4)

Perut kembung. 2 siung bawang putih dikupas, cuci, kunyah perlahan sampai halus, telan lalu minum air hangat. Lakukan 3 kali sehari. (4)

Bisul yang baru tumbuh. 1 siung bawang putih, kupas, cuci, belah. Oleskan pada bisul yang baru timbul. Lakukan berkali-kali. (4)

Sakit maag. Bawang putih laki-laki (yang tumbuh sendiri, tunggal, tidak bergerombol), dikupas, cuci, kunyah. Lakukan 3 kali sehari. (4)

Asma, batuk, masuk angin. 3 siung bawang putih dikupas, cuci, lumatkan. Beri 1 sendok makan madu dan gula batu yang sudah dicairkan. Campurkan semua bahan, aduk rata, saring. Minum setiap pagi sampai sembuh. (4)

Mengeluarkan serpihan kaca, kayu/duri. Bawang putih dikupas, cuci, lumatkan. Tempelkan pada bagian yang dimaksud. (4)

Ambeien. Bawang putih dikupas, cuci, lumatkan, peras, oleskan airnya di sekitar anus setiap hari. (4)

Cantengan. Cuci 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan 2 kemiri. Lumatkan dan beri garam dapur. Tempelkan pada kuku yang bengkak, balut. Ganti sehari 2 kali, pagi dan sore. (4)

Asma. 10 siung bawang putih dikupas, cuci, iris, rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 3/4. Setelah dingin, saring, minum 3 kali sehari @ 1/2 gelas dengan 1 sendok makan madu. (4)

Digigit serangga beracun. 6 siung bawang putih dikupas, cuci, lumatkan, oleskan pada bagian yang disengat, balut. (4)
 Catatan :
   

Sebaiknya bawang putih tidak dimakan mentah, karena mengganggu lambung, lebih baik direbus, digoreng, atau dipanggang lebih dulu.


SUMBER :

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999.

Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999.

Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995.

Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.

Catatan:
 
KESAN SAMPINGAN PENGAMBILAN BAWANG PUTIH;
1)      Akibat memakan bawang putih terlalu banyak membuat nafas bau,
2)      Dalam pengambilan bawang putih sebaiknya tidak dimakan mentah, kerana dapat mengganggu lambung.
3)      Tetapi bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar:
a)      Disarankan agar bawang putih terlebih dahulu direbus, digoreng, atau dipanggang  sebelum dimakan.
b)      Untuk menghilangkan bau mulut dari memakan bawang putih terlalu banyak, di cadangkan melakukan Cara –Cara berikut ini:
1. Meminum air teh pekat atau kopi setelah memakan bawang putih
2. Mengunyah kulit limau
3. Mengimbangi dengan makanan dari protein, hati, dan telor
4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar.


 TAMBAHAN INFORMASI : KHASIAT BAWANG PUTIH.

Kalau dengar bawang putih, mungkin yang terbayang adalah bau mulut yang mengganggu. Padahal bawang putih adalah salah satu dari tanaman obat yang banyak manfaatnya, sehingga dijuluki “umbi seribu khasiat”. Sesungguhnya zat apa yang terkandung didalamnya? Benarkah makin tajam aromanya berarti makin tinggi khasiatnya?

Tanaman dengan nama latin “Allium sativum” ini termasuk bumbu dapur yang sangat popular di Asia. Ia memberikan rasa harum yang khas pada masakan, sekaligus menurunkan kadar kolesterol yang terkandung dalam bahan makanan yang mengandung lemak. Maka jangan heran jika pada masakan Cina, Korea dan Jepang banyak menggunakan bawang sebagai bumbu utamanya.

Bawang putih telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Bahkan 3000 tahun SM, para pujangga Cina telah menguji dan menulis manfaat bawang putih! Cendekiawan Yunani kuno Aristoteles juga telah menguji bawang putih pada tahun 335 SM untuk digunakan sebagai pengobatan.Tulisan Mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan pada para pekerja yang membangun piramida untuk menjaga mereka agar tetap kuat dan sehat. Orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai “ganti antibiotic” dan dikenal sebagai “Penisilin Rusia” karena dipercaya mengandung 1/10 kebaikan penisilin.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah sangat popular di tengah masyarakat sejak zaman dulu. Selain sebagai pendongkrak stamina seks, kini dapat dipastikan bawang putih juga mampu menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia. Juga mampu memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, ketidakseimbangan kolesterol dan kanker. Dari sekian banyak manfaat bawang putih, para ahli telah menemukan manfaat baru bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan. Suatu tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberikan gula diet akan mengalami penurunan berat jika mereka diberi juga komponen bawang putih.

Kandungan Kimia dan Kegunaannya

Senyawa yang ada pada bawang putih adalah aliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Memilih Bawang Putih

Bawang putih yang dipakai di dapur hanyalah salah satu dari banyak varietas bawang putih. Ada yang warna kulitnya keungu-unguan, dan ada yang bersemu merah muda. Yang popular adalah yang berwarna putih, yaitu yang kita pakai sehari-hari di dapur.

Bagaimana memilih bawang yang baik? Varietas apapun yang anda beli, pilihlah yang umbinya mulus dan kulitnya kering. Umbi yang siungnya kecil, aromanya lebih kuat. Dalam keadaan kering, bawang putih tahan disimpan berbulan-bulan, asal ditaruh ditempat yang kering dan sejuk. Jangan disimpan dilemari es, karena akan tumbuh daun. Jika udara terlalu panas, bawang putih akan cepat mengkerut dan berbubuk abu-abu.

Produk Herbal

Saat ini telah hadir produk bawang putih dalam bentuk kapsul. Produk ini hadir sebagai pilihan produk herbal bawang putih bermutu tinggi dengan harga yang terjangkau.

Herbal ini terbuat dari 100% bawang putih murni (Allium sativum) pilihan yang dikeringkan dengan mesin oven pengering untuk menjamin keseragaman tingkat kadar air 5% dan menjaga higienitas bahan baku. Tingkat kadar air 5% merupakan batas mikroba tidak dapat hidup dan berkembang biak. Pengeringan dilakukan dengan suhu rendah untuk menjaga kandungan zat aktif  bawang putih dan mempertahankan kandungan minyak atsiri yang ditandai dengan tetap terciumnya aroma khas bawang putih dan warna bahan baku yang putih bersih.

Contoh Pemakaian

Penyakit Diabetes

Sebagai obat diabetes, bawang putih bias dikonsumsi setiap harisesudah makan. Pagi, siang dan malam masing-masing dua atau tiga suing sekali makan.

Dari pengalaman, mereka yang bobot badannya di bawah 60 kg dianjurkan menggunakan dosis dua suing bawang atau setara dengan tujuh gram sekali makan. Sedang bagi mereka yang berbobot lebih dari 60 kg dengan dosis tiga suing bawang atau setara dengan sepuluh gram.

Cara penggunaannya bias dibuat sambal kecap dengan diiris-iris bersama bawang merah dan cabe untuk teman makan nasi. Bisa juga dimemarkan kemudian diseduh dengan air panas sebanyak setengah gelas dan selanjutnya diblender atau dijus.

Cara lain lagi adalah bawang diparut, kemudian diseduh air panas lalu diminum setelah hangat berikut ampas-ampasnya.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya periksa laboratorium dulu sebelum menggunakan resep ini. Setelah menggunakan resep ini selama seminggu sebaiknya cek lagi di laboratorium. Apabila terjadi penurunan kadar gula darah cukup banyak, dosis sebaiknya diturunkan. Apabila kadar gula dalam darah mendekati normal, kurangi lagi konsumsi bawang putihnya.

Nah, ternyata bawang putih banyak khasiatnya bukan? Oleh karena itu untuk menjaga kondisi, silahkan anda membiasakan mengkonsumsi bawang putih,minimal dua suing sehari.

Sumber : Majalah Nikah Vol. 5 No. 10, hal 15-16


TAMBAHAN INFORMASI : KHASIAT BAWANG PUTIH

Vemale.com - Selama ini mungkin Anda mengira bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masak biasa atau properti dalam film Vampir. Usut punya usut, ternyata bawang putih punya lebih banyak manfaat bagi kesehatan.

Umumnya bawang putih digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga sebagai anti bakteri. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dimakan mentahpun, si bawang putih ini tetap memberikan khasiat baik untuk kesehatan?

Jangan terlebih dahulu membayangkan aroma pedasnya, coba intip beberapa manfaat bawang putih bila dimakan mentah berikut ini...

Manfaat 1.

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Jika Anda adalah perokok berat, Anda boleh mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

Manfaat 2.

Bawang putih mengandung anti-peradangan. Sehingga jika Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, cukup hanya mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

Manfaat 3.

Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Apabila Anda mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Pencernaan Andapun akan semakin lancar.

Manfaat 4.

Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini.

Manfaat 5.

Jika Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang nyari. Bawang putih akan meredakan nyeri tersebut.

Manfaat 6.

Keracunan akibat merkuri atau arsenik juga dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, pertolongan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter jika Anda mengalaminya.

Manfaat 7.

Mengunyah bawang putih merah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Manfaat 8.

Apabila Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah.

Karena aromanya yang cukup tajam, dianjurkan selalu menggosok gigi setelah mengunyah si bawang putih ini. Anda juga tak mau kan kalau lawan bicara merasa terganggu karena aroma nafas Anda yang kurang sedap. Selamat mencoba ya.