Senin, 14 April 2014

Mengatur Keuangan Demi Kebahagiaan.


(Kebahagiaan untuk Financial Situation)
    



It is not the amount you have but what yo do with what you have:

1.      Learn to want less –Mengurangi keinginan kita.  Hindari advertisement.

2.      Get organized –Lebih cermat/seksama mengatur, karena sibuk jadi tidak sempat lagi meng-organized (Sehingga bill-bill yang datang kelewat).

3.      Set goals –Dalam hidup ini kita harus punya tujuan.  Yale University menyatakan bahwa setiap student yang mempunyai goal dalam hidup mereka, maka mereka membuat lebih banyak kesuksesan/uang.

4.      Plan Our spending –Rencanakan pengeluaran kita.  Pengeluaran-pengeluaran kecil disimpan, supaya kita lebih cermat membuat budget pada waktu selanjutnya.

5.      Invest Sensibility –nothing save = nothing invested = No retirement.

6.      Protect what’s ours –Kita harus menjaga apa yang kita punyai.  Melindungi keluarga melalui insurance & trust. 

7.      Start talking about money—Minta advis dari orang yang pengalaman dalam keuangan.  Bicarakan bersama keluarga (Suami/Isteri/Anak) tentang pengaturan keuangan.  Meskipun isteri yang lebih banyak income, planning bersama-sama tentang pengeluaran.  Katakan bahwa uang bukan jatuh dari pohon.

8.      Find work that Fit for you —Cari pekerjaan yang cocok dengan Anda.  Orang yang menyenangi pekerjaannya itu akan menghasilkan keuangan lebih banyak.

 Cerita pengalaman seorang bernama David :

 -Dia seorang pria single.  Saat mulai kerja, dia tinggal di sebuah apartment.  Namun setiap bulan merasa bahwa income nya tidak cukup.  Ia pun mulai frustrasi.  Lalu dia minta nasehat kepada para ahli.  Anjuran kepadanya ialah : Agar Life Stylenya di ubah:

a. Yang tadinya makan diluar –sekarang dia masak sendiri dan ternyata $ 6. Telah cukup sehari.

b. Dia melihat apa yang dia bisa hematkan lagi : Dia pun mulai memakai Public transportation supaya tidak beli bensin.  Demikianlah hal-hal yang kecil dia potong.  Ternyata dia bukan minus, tetapi masih ada sisa atau yang lebih sebanyak $ 20 setiap bulan.
   Semoga dengan tip ini, Anda dapat mengatur keuangan yang pada akhirnya membawa kebahagiaan bagi Anda.  Sebelum terlambat, lakukanlah yang terbaik.