Jumat, 03 Februari 2012

Pentingnya Ulang Tahun


Pendahuluan :
   Mungkin Crystle yang mau memperingati hari ulang tahunnya,         susah tidur tadi malam
   Apa penyebabnya?. Mungkin karena tidak sabar & ingin cepat-cepat merayakan ULTA nya  (tiup lilin, potong kue....dll.).
   Banyak orang dewasa juga susah tidur kalau besok ulang tahun.
   Tetapi penyebabnya bagi orang dewasa seperti pada oppung kalau memperingati ulang tahun,  berbeda.  Bukan karena ingin cepat-cepat ulang tahun, melainkan sebaliknya, yaitu: HERAN mengapa ulang tahun kita begitu cepat datangnya.  Rasanya belum begitu lama kita berulang tahun, kok sekarang sudah berulang tahun lagi?.  Mengapa waktu berjalan begitu cepat?. Usia kita sudah bertambah satu tahun lagi. 
   Aduh,... sebagai orang dewasa mungkin kita berkata:  “kita cepat tua”.  Akibat perasaan tua itu, banyak orang dewasa kurang  senang merayakan ulang tahun.
   ULANG TAHUN memang menyangkut UMUR. Apa yang sebenarnya terjadi dengan umur kita pada hari ulang tahun?. Apa umur kita diperpanjang ataukah di perpendek satu tahun?.  Ada yang merasa umurnya bertambah satu tahun.  Sebaliknya, ada yang merasa berkurang satu tahun.  MANA YANG BENAR?.  Pertanyaan ini sama seperti soal tentang gelas air yang berisi setengah.  Apa gelas itu setengah isi atau setengah kosong?.  Pandangan optimis melihat gelas itu sebagai setengah isi, sedangkan mata yang pesimis melihat itu sebagai SETENGAH KOSONG.  Dua-duanya betul, tergantung cara memandangnya.  APA YANG TERJADI PADA HARI ULANG TAHUN ADALAH KEDUA-DUANYA :
  1. Umur kita bertambah satu tahun.  Artinya,...bila hidup kita ibarat sebuah garis panjang, maka dilihat dari ujung awal, ulang tahun berarti hidup kita bertambah satu tahun.
  2. Namun bila dilihat dari ujung akhir, ulang tahun berarti hidup kita berkurang satu tahun.  Sebab itu bagi orang dewasa ulang tahun dapat menimbulkan 2 perasaan, yakni :
i.                    GIRANG,..BAHWA UMUR KITA BERTAMBAH SATU TAHUN, ....
ii.                  Namun kita juga menjadi WASPADA bahwa masa hidup kita berkurang satu tahun.
    Saudara-saudaraku didalam Tuhan Yesus,
    Perasaan bertambah dan berkurang satu tahun itu menjadikan kita sadar bahwa tahun-tahun hidup kita sungguh berharga.  Tiap tahun, bahkan tiap hari itu, sungguh berharga karena jumlahnya terbatas.  Kita tidak bisa menambah.  Tahun-tahun dan hari-hari itu adalah pemberian Tuhan.  Kita tidak dapat membuatnya atau membelinya dengan harga berapapun.  Sebab itu kita patut menghargai tiap hari dan tiap tahun yang diberikan itu dengan sebijaksana mungkin.
    Itulah sebabnya Pemazmur menulis dalam Mazmur 90: 12 “AJARLAH KAMI MENGHITUNG HARI-HARI KAMI SEDEMIKIAN, HINGGA KAMI BEROLEH HATI YANG BIJAKSANA”.
Saudara-saudaraku,...
Sebuah ULTA memang bisa menjadi SEBUAH PERHITUNGAN.
    Tuhan memberikan kepada kita sekian tahun sebagai MASA HIDUP KITA. Diantaranya sudah kita lalui, sebagian lagi belum.
    Apa yang telah kita perbuat dengan tahun-tahun yang sudah lewat, dan apa yang AKAN kita perbuat dengan tahun-tahun MENDATANG?.
  1. ULTA adalah sebuah TONGGAK antara MASA LAMPAU, MASA KINI DAN MASA YANG AKAN DATANG.
  2. ILUSTRASI : PELUKIS TITIAN.
  • Pelukis abad ke 16 dari VENISIA – melukis  orang yang BEKEPALA TIGA.
i.                    Kepala yang I – adalah wajah Pemuda yang MENATAP JAUH KE DEPAN.
ii.                  Kepala ke II – adalah wajah orang DEWASA yang memperhatikan MASA KINI, dan...
iii.                Kepala yang ke III adalah wajah ORANG LANJUT USIA yang MENENGOK KE MASA LAMPAU.
Di gambar/lukisan itu, ada terdapat tulisan :
“DARI PENGALAMAN MASA LALU, ORANG MENJALANI MASA KINI DENGAN BIJAKSANA SUPAYA TIDAK MERUSAK MASA DEPAN”.
ULTA ADALAH : Perhitungan dengan MASA LAMPAU, MASA KINI DAN MASA DEPAN KITA. 
    Kalau perjalanan hidup kita terdiri dari sekian puluh TONGGAK, MAKA TONGGAK YANG ADA PADA HARI ULTA INI TIDAK AKAN KITA PEROLEH LAGI.

KONKLUSI :
    Pada Hari Ulang Tahun MASA KINI berubah menjadi MASA LAMPAU dan MASA DEPAN BERUBAH MENJADI MASA KINI.
    Jadi saudara-saudaraku, ULTA itu adalah penting.
    Memang, kita tidak perlu meniup lilin dan memotong kue, tetapi MARI KITA MENSYUKURINYA.
   Kami mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun untuk Danielle Eudora Crystle Rampen, yang ke 12 yang lahir 03 Pebruari 2000 bertepatan dengan tanggal kelahiran oppung doli yang ke 67 (03 Pebruari 1945).  Itulah sebabnya oppung berikan kamu nama dengan EUDORA yang artinya: “The beautiful gift from God”.  Kiranya Tuhan Allah senantiasa memberkatimu dan kamu benar-benar merupakan karunia yang indah dari Allah bagi keluarga, gereja, dan bagi nusa dan bangsa,  Jangan lupa pesan oppung: “Melalui pengalaman masa lalu, jalanilah masa kini dengan bijaksana supaya tidak merusak masa depan”.  Doakan juga oppung doli dan oppung boru, agar dalam masa purnabakti seperti saat ini kami masih boleh terus melihat kamu bertumbuh menjadi anak-anak yang setia dalam kebenaran.

HAPPY BIRTH DAY  CRYSTLE DAN OPPUNG DOLI:
03 PEBRUARI 2012.  GOD BLESS YOU IN HIM !