Rabu, 25 Januari 2012

2. Tamu dari Angkasa Luar.


      A. PENDAHULUAN:
        Slamat bertemu kembali pada pada pelajaran ke 2 dari Kebaktian Kebangunan Rohani "Hidup Yang Terbaik" ini.  Kita akan bertemu setiap hari selama 12 kali berturut-turut. Meskipun kita mungkin berjauhan satu dengan yang lain, namun melalui doa kita selalu dekat dalam jangkauan Rohulkudus Allah.  Marilah kita berdoa: "Bapa semawi,..Kami puji Engkau karena besarlah Rahmat dan Anugerah-Mu yang mempertemukan kami lewat media ini. Kiranya Roh Kudus-Mu memberikan pengertian kepada kami atas firman yang akan kami pelajari.  Ampuni dosa kami, kami berdoa didalam nama Tuhan Yesus, Juruslamat dan Penebus kami", Amen.

     Ada satu keluarga yang baru saja menerima gaji bulanan.  Oleh karena gaji mereka yang minim sekali maka mereka berencana akan menggunakannya dengan cara yang bijaksana.  Sang isteri mengajukan usul: “Pa, kebutuhan kita yang mendesak bulan ini adalah perlu membeli barang-barang pecah belah, seperti piring, gelas, dan lain-lain. Namun sang suami menjawab: “Tidak!, kebutuhan kita yang mendesak sekarang ini adalah lemari pakaian.”
   Saudaraku,..Apakah kebutuhan dunia yang mendesak dewasa ini?.  Kebutuhan dunia yang urgent(mendesak) dewasa ini ialah: Bagaimana supaya dapat  memecahkan persoalan-persoalan manusia didalam segala bidang?.  Tetapi dapatkah persoalan dunia ini diatasi tanpa memecahkan terlebih dahulu unsur penyebab dari segala persoalan itu?.
   Bilamana kita menoleh kebelakang kepada abad-abad sejarah dunia ini, sangat menyedihkan melihat betapa kurangnya  perdamaian dan kesenangan yang dirasakan oleh manusia. Dari 3500 tahun, hanya 350 tahun dimana ada perdamaian diseluruh dunia, jadi hanya 10% saja perdamaian itu dirasakan.
   Tentu hal ini singkat sekali.  Apakah penyebab persoalan yang dihadapi oleh dunia ini?.  Alkitab menyatakan bahwa persoalan manusia dan dunia adalah disebabkan oleh DOSA.  Sebelum dosa masuk kedalam dunia ini, tidak ada persoalan didalam bentuk apapun.

   Manusia berusaha dengan segenap tenaganya sendiri untuk mengatasi persoalan yang disebabkan dosa itu dengan berbagai macam jalan, antara lain melalui pendidikan, kebudayaan, politik maupun dengan kekerasan.
   Usaha ini kalaupun berhasil, hanyalah bersifat sementara saja.  Kenapa?. 
   Jawabnya ialah: karena tidak akan ada kesejahteraan sejati didalam alam dosa.
B.   PEMBAHASAN:
   Bagaimanakah Alkitab mengatakan tentang keadaan dunia ini?.
1.   2 Timotius 3:1-5 “Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.  Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang.  Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterimakasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu daripada menuruti Allah.  Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya.  Jauhilah mereka itu!”.
Ayat-ayat ini menyatakan bahwa keadaan dunia bukan semakin baik akan tetapi akan semakin bertambah jahat.  Jika persoalan-persoalan dunia, semua hendak dilenyapkan maka dosa haruslah terlebih dahulu dilenyapkan secara total. Dalam hal ini hanya Alkitab yang dapat memberikan jalan keluar.  Seorang dari ruang angkasa luar, akan datang pada akhir riwayat dunia ini dan kedatangan-Nya akan memecahkan semua persoalan manusia.
   Kedatangan Yesus yang keduakali ke dunia ini adalah merupakan jawaban dari segala persoalan.  Sebelum Yesus meninggalkan dunia ini menuju surga, Ia telah memberikan perjajian bahwa IA AKAN DATANG KEMBALI.
2.   Janji itu terdapat dalam Yohanes 14:1-3: “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu.  Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal.  Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu.  Sebab Aku pergi kesitu untuk menyediakan tempat bagimu.  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat dimana Aku berada, kamu pun berada.”

   Janji kedatangan Yesus yang keduakali adalah merupakan suatu janji yang sangat indah.  Sebanyak 3000 kali hal ini disebutkan didalam Alkitab.  Dalam kitab perjanjian baru saja disebut sebanyak 318 kali.  Sebelum banjir Nuh, Henokh keturunan Adam yang ketujuh telah meramalkannya dalam kitab Yudas 14, 15: “Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: “Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudusNya, hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan”.
   Abraham, Ayub dan Daud menyatakan bahwa Yesus akan datang kembali.
   Yesus yang sama yang pernah berjalan dan berkata-kata dengan manusia diatas dunia ini, Yesus yang sama yang telah menyerahkan hidupNya diatas salib,...Dia akan datang kembali !.

CARA KEDATANGAN YESUS:
3.    Secara tubuh: Kisah para Rasul 1:9-11 “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutupNya dari pandangan mereka.  Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka:”Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit?.  Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”
   Jadi Ia telah naik ke sorga secara tubuh dan Ia pun akan datang kembali secara tubuh.
4.    Terlihat: Kita baca Wahyu 1:7 “Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia.  Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia.  Ya, amin.”
     Kenaikan Yesus dapat dilihat oleh mata manusia.  Ia terangkat dari atas bumi ini dalam keadaan tubuh yang dapat di jamah dan dilihat.  Dan Ia akan datang kembali dengan cara yang sama.
   Dalam Matius Fasal 24, Yesus menjelaskan cara kedatangan-Nya, dan kita diminta agar berhati-hati, karena akan ada pemalsuan mengenai kedatanganNya tersebut dengan tujuan untuk menipu manusia.
5.   Mari kita baca Matius 24:26 “Jadi apabila orang berkata kepadamu: lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi kesitu; atau: lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.”
Beberapa waktu yang lalu di Eropah dan Amerika Serikat pernah ada yang mengaku dirinya sebagai Kristus.  Ia disaksikan atau dilihat oleh umum sedang berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain, ia mempunyai janggut dan berpakaian putih.  Setan bermaksud untuk membuat agar orang pada akhirnya tidak perduli kepada Yesus dan kedatanganNya yang keduakali.
   Dalam Matius 24:27 “Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikianlah kelak kedatangan Anak Manusia”.
   Tidak ada sesuatu pada kilat itu yang tersembunyi dari pandangan.
   Ada segolongan Kristen yang mengajarkan tentang “SECRET RAPTURE”, yang mengajarkan bahwa cara kedatangan Yesus yang keduakali ialah dengan cara diam-diam (secara rahasia). Contohnya, ada yang beranggapan bila saya sedang naek bis mau pulang dari Blacktown ke The Ponds (Australia) atau dari Jakarta ke Bekasi (Indonesia), tapi keluarga menunggu terus di rumah namun saya tidak kunjung tiba dirumah, ditunggu sampai sehari, seminggu, sebulan dan bertahun-tahun tidak kunjung tiba di rumah kediaman saya.  Oh,..katanya Yesus saat itu sudah datang diam-diam kepada saya dan kepada para penumpang lainnya juga yang bersama dengan saya dan telah menjemput dan mengangkat kami ke surga!.
   Saudaraku,...  Kedatangan Yesus yang keduakali bukan secara diam-diam karena saat itu sangkakala(terompet) Allah juga akan dibunyikan.
6.    Kita baca 1 Tesalonika 4:16 “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari surga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit”.

Bila Yesus datang kembali, siapakah yang akan melihat-Nya?.
7.    Mari kita baca kembali Wahyu 1:7 “Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia.  Dan semua bangsa di bumi akan meratap Dia.  Ya, amin.”
   Ada 2 perkara penting dalam ayat ini:
a.    Bahwa semua mata orang yang hidup akan melihat kedatangan Yesus yang keduakali dan saat itu akan terjadi kebangkitan istimewa bagi orang-orang yang menyiksa Yesus di kayu salib.
b.    Bahwa yang akan melihatNya ialah seluruh dunia!.
MENGAPA YESUS AKAN DATANG KEMBALI?
-        -- Karena Ia telah berjanji akan datang kembali.
      --Sebab Dialah satu-satunya oknum yang dapat dan rela  untuk memecahkan persoalan dosa.
BAGAIMANA HEBATNYA PERSOALAN DOSA ITU SEHINGGA DIA HARUS DATANG KEMBALI?.
   Dalam Roma 6:23 dikatakan bahwa: “Upah dosa itu ialah maut”.  Namun Ia menyediakan tempat bagi kita dan tempat itu bukan di dunia ini tetapi didalam kerajaan sorga.  Kita akan disambut “datang kepadaNya”.  Artinya, bahwa kita akan keluar dari planet yang penuh dengan persoalan dosa ini, menuju sorga yang baka.
KAPANKAH WAKTU ATAU TANGGAL KEDATANGAN YESUS KEMBALI?
8.    Mari kita baca Alkitab kita dalam Matius 24:36 dan ayat 42: “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.  Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.”
Jadi dikatakan disini: “Hanya Bapa yang tau”.  Kita hanya diminta supaya berjaga-jaga dan bersedia.  Bagaimanakah kita bersedia untuk kedatangan Yesus yang keduakali?.  Rasul Paulus mengatakan, dengan jalan menghindarkan diri dari pelanggaran hukum Allah dan menghidup kan suatu kehidupan yang kudus.
Ilustrasi:
   Pada suatu sore, angin topan telah menimpa sebuah kota.  Kilat sabung menyabung, guntur bergemuruh dan hujanpun turun dengan sangat derasnya. 
   Semua jalan menjadi banjir dan lalu lintas terhalang karena pepohonan yang tumbang oleh angin yang begitu kencang.  Kota itu menjadi sangat gelap sebab kawat-kawat listrik yang telah putus.  Seorang ayah merasa pentingnya bersama-sama dengan anaknya yang ditinggalkan di Rumah Sakit sendirian pada saat-saat yang berbahaya itu.  Ayah ini mencari jalan dan melewati segala rintangan sehingga akhirnya tiba di Rumah Sakit dengan pertolongan kilat yang sabung menyabung itu.  Ketika masuk kedalam kamar anaknya, didapatinya anak itu berada dalam keadaan sangat ketakutan.  Pada saat anak itu tahu bahwa ayahnya sudah datang mendekatinya, iapun berseru: “Oh, ayah !.  Saya tahu, ayah akan datang!”.  Ayah itupun dengan segera memeluk anaknya dan berkata pula: “Ya, anakku,..saya telah datang, dan saya akan membawa engkau pulang dari Rumah Sakit pada malam ini juga, ke rumah.”

C.   KONKLUSI:
   Saudaraku,...Topan dosa dan kematian dalam dunia ini akan berakhir.  Tidak lama lagi Yesus akan kembali mengumpulkan umatNya dari dunia ini dan membawa mereka ke negeri yang terbaik.  Yesus Kristus dan kedatanganNya adalah merupakan jawaban kepada segala persoalan.  Ia adalah jawaban kepada segala kebutuhan saudara pada saat ini dan Ia sangat rindu menolong saudara. 
   Dengan penuh percaya, angkatlah tangan saudara  dan letakkan pada tangan Juruselamat yang penuh kasih itu.  Serahkanlah hatimu kepada-Nya sekarang, maka Ia akan memberi sentosa kepada saudara.  Hanya Yesus, oknum yang tidak berdosa, yang dapat memecahkan persoalan dosa untuk selama-lamanya bila Ia datang.
  Maukah saudara menyediakan diri untuk menunggu kedatangan Yesus yang keduakalinya?.  Percayakah saudara bahwa Yesus akan datang kembali ke dunia ini untuk menjemput umat Tuhan dari dunia ini?.  Rindukah saudara akan kedatanganNya itu?. Maukah saudara menyediakan diri untuk menunggu kedatangan Yesus yang keduakali?.

   Bila anda bersedia, maukah saudara saat ini berdoa secara pribadi setelah selesai membaca firman Tuhan melalui blogspot ini dan menyisipkan doa pribadi dan berkata kepada Tuhan Allah: “Ya Tuhan,...saya bersedia menunggu kedatanganMu dan berharap bahwa saya akan termasuk diantara umat Tuhan yang Engkau akan selamatkan pada saat kedatanganMu yang keduakali.  Saya mohon didalam nama Tuhan Yesus, amen!.

   Saudaraku,...sampai ketemu lagi untuk pelajaran ke 3 selanjutnya, Tuhan memberkati !