Kamis, 05 Januari 2012

1. Buku Penuntun Hidup Yang Terbaik.

Oleh: Pdt.H.M. Siagian MPTh.


A.             PENDAHULUAN:
          Sekali peristiwa seorang perwira tentara Inggeris mendapat tugas di pulau Pacific selatan yang didiami penduduk  yang masih dinamakan Cannibal(biadab, pemakan orang).  Pada suatu kali dilihatnya seorang kepala kampung yang sudah ubanan duduk di depan gubuknya yang primitif sambil membaca sebuah buku.
          Perwira ini menanyakan kepada  orang tua itu, APAKAH YANG SEDANG DIA BACA.  Sambil mengangkat Alkitabnya, kepala kampung yang sudah tua itu memberikan jawabnya dalam bahasa Inggeris menurut dialek di pulau itu: “ME READ GOD’S BOOK” (Saya sedang membaca buku Allah).
          “Rupanya engkau sudah ketinggalan zaman pak, kata perwira itu. “Di, negri saya, kami tidak lagi mempercayai buku itu karena kami telah dapati bahwa buku itu hanya dongeng belaka”.  Kepala kampung itu berdiam sejenak, lalu menjawab: “Mungkin benar bahwa orang tidak lagi mempercayai Alkitab ini dinegeri tuan, namun Alkitab ini telah menjadikan saya orang yang baik”.
          “Sebelum buku ini datang ke pulau ini, saya biasa memakan orang putih seperti tuan”.  Tetapi sekarang saya telah diobahkan oleh buku ini sehingga tidak lagi dianggap Cannibal(pemakan orang).  Tuan,...apakah tuan lebih suka saya membuang buku ini dan tuan saya panggang dan makan?.”

B. PEMBAHASAN :
          Saudaraku yang kekasih,...
          Jutaan orang yang telah merasakan kuasa Alkitab didalam hidupnya. 
          Salah satu sebab yang terutama sehingga ada yang mengatakan Alkitab itu dongeng, atau yang melalaikannya untuk tidak dipelajari ialah: Karena tidak bersedia untuk menyelidikinya.

PERMANENSI AKITAB:

          Menurut sejarah, banyak usaha yang telah dibuat untuk tujuan membinasakan Alkitab:
          Contohnya:
1.    DIOCLETIANUS, seorang kaisar Romawi di abad ke 4 yang telah menganiaya banyak orang Kristen.  Dia mengumpulkan salinan kitab suci yang diketahui dan kemudian membakarnya.  Dengan berbuat demikian dia berpikir bahwa nama Kristen itu telah dihapuskan.  Namun Alkitab masih tetap hidup (exist) sampai saat ini.
2.    THOMAS PAINE – Seorang penganut agama bebas di Inggeris pada abad ke 18, seorang yang anti kepada Alkitab.  Dalam bukunya berjudul “Zaman Akal” halaman 127,  Paine membuat kata-kata sindiran yang pedas terhadap Alkitab sebagai berikut: “Sekarang saya telah binasakan Alkitab, seperti seorang penebang pohon di hutan, saya telah tebangi pohon-pohonnya dengan kapak.  Dan para imam, kalau mereka dapat, boleh menanamkan pohon-pohon itu kembali.  Mereka boleh tusukkan pohon-pohon itu di tanah, tetapi semuanya tidak akan pernah bertumbuh lagi”.   Paine telah berbuat satu kesalahan!.  Sekalipun telah berpuluh-puluh kali  percobaan dilakukan untuk membinasakan Alkitab, namun semuanya tidak berhasil, Alkitab itu tetap hidup.  Buku tua yang baik itu telah tahan terhadap tiap-tiap serangan dan tiap-tiap perdebatan.  Karena itu Kitab Suci dan perkara-perkara yang suci berdiri teguh dan tidak pernah terkalahkan.  Pada abad-abad yang lalu, buku ini telah memimpin banyak orang untuk menjadi manusia yang berguna dalam kehidupan.
Saudaraku yang kekasih,
     APAKAH YANG DINYATAKAN ALKITAB KEPADA KITA?
    
     Alkitab menyatakan kepada manusia suatu upah yang tidak akan pernah layu, dan dapat menjadikan manusia menjadi warga negara dalam dunia yang lebih baik dan menyatakan bagaimana cara mendapat atau memperolehnya.
     Dari halaman-halaman Alkitab suara Allah langsung berbicara ke hati kita.
     Marilah kita menyelidiki buku yang ajaib ini—dan kiranya buku itu menjadi penuntun ajaib bagi kita untuk memperoleh Hidup Yang Terbaik serta memberikan pimpinan dan tujuan yang benar dalam kehidupan kita.

     N A M A:
     Perkataan Alkitab berasal dari Bible, yang berarti: “banyak buku”.  Memang benar, kitab suci terdiri dari 66 buku suci atau merupakan kumpulan dari 66 buku suci.
     PEMBAGIAN:
     Buku ini dibagi dalam 2 bahagian:
I.             Perjajian Lama – terdiri dari 39 buku, yang ditulis diantara tahun 1500 – 400 (Sebelum Tarikh Masehi).
II.           Perjanjian Baru- terdiri atas 27 buku, yang ditulis kira-kira tahun 32 – 96 (Sesudah Masehi.)
Manusia yang fana tidak dapat mengerti bahasa Allah, sebab itu orang-orang terpilih telah dipilih untuk menuliskan pekabaran Allah itu didalam bahasa manusia(bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia).  Hampir 40 orang penulis yang telah dipilih menjadi penulis buku-buku itu—dengan memakan waktu 1600 tahun untuk menyelesaikannya.
          ISINYA:
          Dalam buku ini terdapat hikayat yang benar bagaimana manusia itu dijadikan oleh Allah.  Buku ini berisi sejarah, pengetahuan, kesusastraan, romance, hukum, azas-azas/prinsip-prinsip kesehatan, astronomy, dan nubuatan.
          Semuanya disatukan dalam satu buku menurut rencana Allah sendiri.

PEMILIHAN TULISAN-TULISAN:

Mengapa 39 buku dalam Perjanjian Lama dan 27 buku Perjanjian Baru?.
Pada sepanjang abad-abad yang telah lalu ada begitu banyak tulisan-tulisan.  Tetapi tidak semua tulisan itu dimasukkan ke dalam Alkitab.
Sekitar tahun 400 STM, Nabi Ezra dan Nehemia telah memimpin beberapa orang terpelajar untuk memilih tulisan-tulisan itu.  Sebagai hasilnya dipilihlah 39 buku dalam Perjanjian Lama.
Kemudian tahun 363 SM, Council di Laoeka menerima 27 buku yang disebutkan dengan Perjanjian Baru.  Kenapa diadakan pilihan terhadap tulisan-tulisan?.  Tulisan-tulisan itu dipilih oleh sebab pekabarannya yang sama, membuktikan keilahian dan terang yang perlu kepada manusia dalam segala zaman.

Maukah saudara dibebaskan dari rasa takut, kecemasan, kekecewaan dan dosa?.  Jika saudara mau, saya mengundang saudara untuk melihat Kitab Suci.
Bacalah buku itu.  Terimalah pengarangnya.  Terimalah nasehatnya.  Terimalah kuasanya, maka saudara akan memperoleh pahala kekal yang dengan jelas dinyatakan dalam tulisan-tulisannya.

KONKLUSI

Ilustrasi: Pedagang beli peti tua.

Beberapa tahun lalu pernah ada 2(dua) orang pedagang yang membeli sebuah peti tua yang berisi barang-barang yang nampaknya tak ada gunanya, atau tak berharga.  Karena menganggap barang-barang itu tak berharga, peti itu ditinggalkan begitu saja selama bertahun-tahun lamanya didalam sebuah gudang.
Pada suatu hari timbullah niat mereka untuk membuka peti itu dan mereka bertekat untuk memeriksa isinya.  Dari dalamnya mulai dikeluarkan satu demi satu barang-barang yang tak berharga.  Setelah semua isinya keluar, mereka terkejut karena mereka mendapat sebuah mata uang emas yang bertulisan tahun 1842, harga waktu itu adalah $ 4 885.
Saudaraku,...Bertahun-tahun lamanya harta yang besar harganya berada didekat mereka.  Para pedagang sering membutuhkan uang, dan sebenarnya mereka sudah dapat tertolong dengan kekayaan yang tidak diketahuinya itu.

Saudaraku,...Ada banyak manusia di dunia ini yang kehilangan kebaikan-kebaikan didalam kehidupan ini oleh karena melalaikan KESUCIAN.
Kitab Suci adalah harta yang tak ternilai harganya, suatu buku penuntun ajaib untuk memperoleh Hidup Yang Terbaik di dunia ini dan di dunia yang baru yang telah disediakan Allah bagi kita.
Bila kita menyadari pentingnya dan nilainya, maka kita akan mendapat berkat-berkat yang besar.
Kitab Suci adalah perlu bagi manusia sebagaimana :

TANDA – bagi masinis Kereta Api.
KOMPAS – bagi Kapten Kapal, dan
RADAR – bagi seorang Pilot.

Alkitab adalah merupakan penyataan Allah kepada manusia, merupakan pekabaran dari hal kasih Allah dan pimpinan-Nya di dalam dunia kita yang kacau ini.      Agar anda memperoleh kesenangan, perdamaian, kuasa dan kemenangan yang sempurna—selidikilah halaman-halamannya.

Jadikanlah Kitab Suci itu penuntun hidupmu menuju Hidup Yang Terbaik.
Mari kita berdoa: -Bapa di sorga,...Kami memuji dan memuliakan Tuhan karena Engkau adalah Pencipta semesta alam dan yang telah menyediakan keselamatan bagi kami.  Mohon ampuni dosa dan pelanggaran kami agar kami layak menerima berkat-berkat-Mu. Terimakasih atas firman-Mu yang kami telah pelajari pada saat ini.  Pimpin dan berkatilah kami agar kami dapat dituntun oleh firman-Mu untuk menerima Hidup Yang Terbaik yang Engkau telah sediakan bagi kami. Kami berdoa didalam nama Yesus, Juruselamat kami.  Amen.

A m e n!.