Minggu, 29 Januari 2012

Ide memperbaiki prestasi anda.



*LAKUKANLAH SETIAP HARI DENGAN SEDIKIT LEBIH BAIK.

          Saya baca cerita tentang ZICO, salah seorang pemain sepak bola yang telah menjadi terkenal karena telah memberikan sedikitnya satu angka dalam setiap pertandingan yang ia ikuti dan juga karena ia memiliki tendangan yang seksama dan luar biasa. Ketika ditanyakan, apakah yang menjadi rahasia keberhasilannya, ia telah memberi jawaban sbb: “After the regular training with the rest of the players, I always stay on the field to train more. I try to improve a little bit in everything I do everyday.”  Saya menemukan hal ini sebagai suatu filsafat yang terbaik bagi kita yang terlibat dalam pekerjaan Tuhan sebagai P.L.
“…..to improve a little bit in everything, everyday”(Setiap hari, memperbaiki sedikit dalam segala sesuatu.)
          Meskipun kita memiliki latar belakang, pendidikan, dan kesempatan-kesempatan yang berbeda, namun kita mempunyai waktu yang sama, yaitu 24 jam sehari, udara yang sama kita hirup dan tubuh yang sama dengan sebuah otak, dua telinga, dua mata, dua tangan dan dua kaki.  Pertanyaan disini ialah: "Mengapa ada beberapa orang yang lebih sukses daripada orang lain?".
          Sebagian jawabannya ialah: Seperti ZICO, ada orang-orang yang telah belajar melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik dan dengan suatu tingkat prestasi yang lebih tinggi.  Mereka sukses dibidang olahraga, belajar di sekolah, dan dibidang profesi lainnya, bukan karena memiliki karunia dan sumberdaya-sumberdaya yang hebat.  Mereka biasanya melakukan hal yang lebih baik karena mereka mencoba berusaha lebih keras lagi dan bersedia membayar harga untuk meraih sukses itu.(to pay the price success requires).
          Bagaimanakah anda sebagai seorang Penginjil Literatur dapat memperbaiki dan lebih berhasil lagi?.
          Saya ingin membagikan kepada anda satu peraturan dasar(BASIC RULE) yakni:
          JANGAN BERPIKIR BAHWA ANDA PERLU MEMPERBAIKI 20% atau 30% PRESTASI ANDA SECARA KESELURUHAN DALAM WAKTU SESAAT.  TETAPI CUKUPLAH MENCOBA MEMPERBAIKINYA HANYA 5% DALAM SEGALA SEUATU YANG ANDA LAKUKAN.
          Sebagai contoh: Cobalah mengetahui sedikit lagi tentang literature yang anda sedang jual. Cobalah untuk menyisihkan waktu anda sedikitnya 5% dan menggunakan waktu ini untuk membuat suatu peragaan tambahan setiap hari.  Sementara anda melakukan canvass penjualan buku, cobalah memperbaiki sedikitnya 5%, berbicara lebih jelas, dengan penuh semangat dan kegembiraan. Coba perbaiki penutupan yang anda buat, coba untuk lebih berserah dan meningkatkan methode-methode penjualan anda sedikitnya 5%. Dengan melakukan cara-cara yang demikian anda akan secara otomatis memperbaiki prestasi anda secara keseluruhan.
          Disini ada sebuah daftar, yakni 12 hal yang perlu anda pertimbangkan dan perbaiki:
  1. Your personal organization(Pengaturan pribadi anda)
  2. Your personal appearance(Penampilan pribadi anda)
  3. Your persoality(Kepribadian anda)
  4. Your motivation and enthusiasm(Motivasi dan semangat anda)
  5. Your sales presentation(Presentasi penjualan anda)
  6. The knowledge of the literature you are selling(Mengetahui isi buku anda)
  7. The information about the market, your customers and territory(pasar,nasabah dan wilayah kerja)
  8. The way you use time(Penggunaan waktu anda)
  9. The number of sales presentations you make(jumlah presentasi penjualan)
10.The amount of hours you put into work(Jumlah jam kerja anda)
11.The look of your briefcase, prospectus and other materials(Kerapian tas,prospektus dan bahan lainnya)
12. The way you manage and spend money(Cara kelola dan keluarkan uang)
          Sebagai pekerja-pekerja Allah kita harus bertumbuh. Perbaikan harus terjadi bukan hanya dalam aspek yang berhubungan langsung dengan pelayanan/pekerjaan penjualan buku saja. Namun  P.L. yang setia harus juga mengalami pertumbuhan dalam hubungannya dengan Tuhan, keluarga, dan dengan anggota gereja lainnya. Perbaikan(improvement) harus meluas juga pada bidang-bidang keuangan pribadi, kesehatan dan kerohanian pribadi.
          Konklusi:
          Saya senang untuk memberikan tantangan kepada anda, agar melakukan lebih banyak untuk memperbaiki prestasi anda dalam pelayanan istimewa dimana Tuhan telah memanggil kita untuk melakukannya. Itu hanya memerlukan usaha sedikit lagi, doa sedikit lagi, kerja sedikit lagi, sedikit lagi kreatifitas(daya cipta), sedikit lagi tambahkan keuletan dan kebulatan tekad.  HANYA SEDIKIT LAGI SETIAP HARI.