Sabtu, 17 Mei 2014

9 Tips Membuat Hidup Lebih Bahagia.

   Hidup memang tak pernah lepas dari yang namanya masalah.  Namun janganlah menjadikan masalah itu sebagai salah satu alasan untuk tidak bisa membuat hidup lebih bahagia.  Ada 9 tips yang dapat membuat hidup lebih bahagia:

1. Nikmatilah hidup.  Setiap hari kerjakanalah sesuatu yang menggairahkan atau mengingatkan kembali akan keindahan dan kesenangan hidup.  Misalnya : Belanja, berkebun, rekreasi dengan anak-anak dan mendengarkan musik.  Cobalah untuk menggairahkan dan mengingat hal-hal yang indah dan menarik disekitar kita.

2. Kerjakanlah hal yang positip.  Semua yang berhubungan dengan kegiatan sosial akan menolong memperkuat rasa sosialisasi.
3. Matikan TV dan Radio.  Mendengarkan berita bencana dan kriminalitas dapat menciptakan rasa takut dan gusar.  Daripada melihat film/video yang dapat menimbulkan perasaan negative, lebih baik kerjakan sesuatu yang menyenangkan yang melibatkan seluruh keluarga.
4. Bersosialisasi dengan tetangga.  Keluar dari rumah dan bertemu dengan orang-orang yang belum Anda kenal sebelumnya, bercakap-cakap dan ceritakan apa yang Anda kerjakan.  Ciptakanlah rasa persahabatan sehingga akan menolong Anda merasa hidup aman diantara mereka sekaligus menghilangkan rasa takut sehingg perasaan Anda lebih baik.
5. Tertawa.  Cara terbaik untuk melepaskan semua emosi negative, mengurangi ketakutan dan depressi.  Ajak teman yang suka melucu untuk makan siang bersama.  Pergi menonton film yang lucu atau film komedi.  Bermainlah dengan anak-anak atau binatang peliharaan,  Pendeknya semua yang dapat membuat Anda tertawa.
6. Kegiatan Positip.  Biasakan untuk memulai dan mengakhiri hari dengan hal positip.  Daripada membuka hari dengan membaca berita utama di Koran atau TV, mulailah dengan beribah atau mendengarkan lagi, atau cobalah untuk merenung sambil menyalakan lilin dan yakin bahwa masih banyak kehidupan yang baik disbanding yang buruk di dunia ini.
7. SABAR.  Jangan biarkan kemarahan dan kegusaran mendominasi hidup Anda. Kemarahan bias menyakitkan orang lain dan juga diri sendiri.  Cobalah untuk tidak menyakiti siapapun.  Lakukan Olah Raga, meditasi dan limpahkan semua perasaan emosi ke dalam buku harian, melukis atau main musik.
8. Tersenyum.  Sebelum bangun pagi dari tempat tidur, pikirlah sesuatu yang menyenangkan yang akan dikerjakan yang dapat membuat Anda tersenyum.  Entah mengingat kelakukan si kecil yang menggemaskan, cerita lucu atau apa saja.  Senyum dipermulaan hari akan membuat Anda senang sepanjang waktu.  Senyum dapat membuat system imunisasi dalam tubuh berjalan dengan baik dan dapat mengurangai stress.
9. Memaafkan.  Kemampuan memaafkan akan memperkuat hubungan.  Persahabatan dengan orang-orang disekitar kita dan akan menolong jiwa menjadi lebih tenang.  Peliharalah kasih sayang.  Pada saat ini, kapan saja, setiap orang  membutuhkan kasih sayang dan perhatian, dalam kata-kata dan perbuatan.  Biarkanlah hati berbicara walaupun pikiran Anda tidak mengatakan dengan kata-kata.

------------------------------------------