Kamis, 22 Mei 2014

Kalori Kosong.

Empty Calories(Blank)
Anda mungkin pernah mendengar perkataan “empty calories” yang mana selalu disebut oleh pakar pemakanan. Tetapi, adakah anda mengetahui apa itu “empty calories? Kenapa ia merupakan tabiat buruk yang perlu dielakkan dalam diet harian kita?
Sebelum kita bahas tentang empty calories kita bahas ttg apa yang dimaksud dengan istilah KALORI. Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energy yang didapat dari makanan yang kita asup. Misalnya dalam 1 gram karbohidrat terdapat 4 kalori yang dapat digunakan sebagai tenaga atau energy. 1 gram lemak terdiri dari 9 kalori dan protein sebanyak 4 kalori.
Fungsi Kalori 
  1. Kalori digunakan untuk menjadi energy supaya kita dapat melakukan aktivitas.
  2. Makanan yang mengandungi kalori adalah yang terdiri dari makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan  mikronutrien (semua vitamin, mineral, serat).
  3. Makanan yang tinggi kandungan kalori adalah yang menyumbang paling banyak kepada berat badan yang berlebihan. kerana kalori yang berlebihan ini akan disimpan sebagai lemak dalam badan.
Empty Calories
“Empty calories” adalah makanan yang tinggi kalori tetapi rendah kandungan zat nutrient.
 
‘Empty Calories = High Calories but Low Nutrition’

“Empty calories” juga dikenali sebagai junk food yang kurang kandungan mikronutriennya. Kebanyakkan makanan “empty calories” adalah yang mengandungi gula dan lemak yang tinggi. Satu sendok kecil gula bersamaan dengan 5 kalori.
1 gram lemak = 9 kalori
1 gram karbohidrat = 4 kalori
1 gram protein = 4 kalori

Contoh-contoh makanan yang dipanggil “empty calories”
1. Makanan yang tinggi kandungan gula
# Permen dan makanan manis seperti cake. Makanan ini bukan saja tinggi kandungan gula tetapi juga mengandungi pewarna dan bahan pengawet. Ia tinggi kalori tetapi tiada kandungan mikronutrien.
# Minuman berkarbonat (coca-cola, pepsi)
# Minuman manis (botol, kotak atau tin)
# Beer, wine dan semua jenis minuman beralkohol
2. Makanan yang tinggi kandungan lemak dan minyak
# ‘Fast food’ seperti kentang goreng, ayam goreng, chips, burger, hot dog dan sebagainya. Kebiasaannya, satu set ‘fast food’ mengandungi 500 – 600 kkal. Kalori ini kebanyakannya datang daripada lemak (lemak tepu dan lemak trans) dan hanya sedikit kandungan mikronutrien. Selain itu, kandungan garam juga teramat tinggi.
# Makanan sejuk beku (frozen food)
# Butter, marjerin, shortening, mayonis
3. Snack dalam kemasan
# Kripik dalam kemasan, chiky2an, dll

Cara mengelakkan supaya kita terhindah dari makanan “empty calories”?
  1. Baca label pada makanan. Hindari makanan yang tinggi gula, garam dan lemak.
  2. Hindari pengambilan makanan yang bergoreng. Pilih makanan yang disediakan dengan cara yang lebih sihat seperti bakar, panggang, rebus, kukus dan sebagainya yang hanya menggunakan sedikit minyak.
  3. Kurangkan pengambilan minuman manis dan minuman dalam kaleng, kotak atau botol.
  4. Ambil makanan karbohidrat penuh (roti wholemeal) untuk mendapatkan serat dan antioksidanya.
  5. Pilih snack yang menyehatkan seperti buah-buahan, yogurt rendah lemak, biskut dan roti wholemeal.
Minuman soda berarti kita minum minuman mengandung gula, bahan pengawet dan tidak mengandung nutrisi. Kita menyebutnya “empty calori” atau kalori tak bernilai. Dan bisa menyebabkan obesitas. Bagaimana bisa terjadi???
mengkonsumsi minuman bersoda atau ‘kalori cair’ merupakan faktor pencetus obesitas terbesar selain makanan junk food.
Kenapa kalori cair merupakan masalah obesitas ? ketika kita minum minuman berkalori yang tidak mengandung nutrisi (empty calori), minuman ini akan membuat kita lebih cepat lapar dan lebih cepat haus. Ini dikarenakan efek samping dari soda pada minuman yang menarik cairan dalam sel tubuh kita sehingga kita akan kencing lebih banyak dan memaksa gula darah kita naik untuk sesaat.
kalori cair juga tidak mengandung nutrisi sehingga kita memasukkan kalori yang tidak berguna bagi tubuh. kalori ini tidak bisa dibakar menjadi energi tubuh, kalori ini sama seperti halnya krupuk yaitu makanan yang mengandung kalori tapi percuma karena tubuh tidak bisa memanfaatkannya menjadi energi.
Buktinya apa ?
Anda tidak akan memiliki tenaga lebih meskipun anda minum 1,5 liter minuman bersoda bukan….bandingkan jika anda makan nasi atau sayur meskipun sedikit, anda akan mendapatkan energi tambahan.
inilah maksud dari empty calori.
Apakah kita tidak boleh mengkonsumsi minuman bersoda ?
Boleh, asalkan kita mengelola porsinya secara benar.
hal ini juga berlaku pada produk “gula diet” atau “gula rendah kalori”…..bukan berarti gula ini juga aman untuk kita konsumsi, kita juga harus mengelolanya. Banyak orang yang menganggap gula ini aman. karena dianggap sagat aman, orang jadi berlebihan mengkonsumsinya, akibatnya ya tetap saja obesitas menyerang..
Jika anda bisa mengganti minuman soda anda 1 gelas setiap hari, maka…….kita bisa mengurangi asupan kalori kita 55.000 kalori dalam setahun !.
Ya…..kita bisa menghemat kenaikan 7 kg berat badan kita hanya dengan mengganti 1 gelas minuman soda dengan air putih.
so be smart with your drink choices…..dan menghindari minuman ‘empty calori’
be healthy……@me