Hukum-hukum di
Zaman Kristus.
Pelajaran
No.1, 05 April 2004.
Kitab Suci:
Lks.2:1-5; 14:1-6; Ibr.10:28; Ul.17:2-6; Im.1:1-9; Yak.2:8-12.
1.
Dalam
seri pelajaran ini, kita akan menyelidiki hubungan orang Kristen dengan
Hukum. Ini termasuk semua jenis Hukum
tetapi terutama hukum moral dari 10 perintah Allah.
“Dari sejak awal
pertentangan besar di surga, telah menjadi tujuan setan untuk membuang hukum
Allah”. GC.582,1,
Dan mengapa
setan bertujuan ingin membuang(overthrow) hukum itu?.
Karena hukum,
sebagai dasar pemerintahan Allah. (Bandingkan MB 109).
2.
Kita
hidup didalam sebuah dunia—dimana orang terus menantang hukum-hukum
(Challenging laws). Sama seperti yang
setan lakukan, orang ingin mengubah setiap hukum yang seseorang pikirkan dapat
merubahnya. Tentu saja, jika Allah tidak
ada, maka dunia kita benar-benar sebuah dunia yang AMORAL, bukan dunia IMMORAL,
yang artinya memiliki moral yang buruk (bad moral), tetapi suatu dunia AMORAL,
yang artinya, tidak memiliki moral.
Namun jika Allah itu ada, sebagaimana kita percaya, kemudian kita
mengetahui apa yang benar dan salah dan apa yang baik dan buruk datang dari
pemahaman kita tentang karakter dan pemerintahan-Nya.
3.
Pada
dasarnya ada 2 jenis hukum :
1.PROSCRIPTIVE
LAWS (Hukum-hukum Proscriptif)—Ini adalah undang-undang seperti batas kecepatan
(as the speed limits). Sekelompok
individu—diharapkan setelah dengan hati-hati mempertimbangkan semua
implikasi(maksud,pengertian)—menentukan kecepatan tertentu agar aman bekendara
di jalan bebas hambatan. Hal ini
kemudian disahkan menjadi undang-undang, dan kita semua taati.
2.DESCRIPTIVE
LAWS (Hukum2 deskriptif)—type ke 2 dari undang-undang). Hukum/undang2 ini mengatur fisika(physic),
kimia dan biologi. Hukum gravitasi
adalah Hukum deskriptif. Jika salah
satu/seseorang mencoba untuk melanggar itu, dia akan menderita konsekwensi
langsung (will suffer the immediate consequences). Hukum deskriptif adalah Hukum yang menjelaskan
bagaimana perkara-perkara itu benar-benar bekerja (how things actually
work). Kita tidak memiliki
pilihan(option) untuk menetapkannya(mereka) atau mengubahnya.
4.
Sebagian
besar dari kita mengakui bahwa dihampir setiap masyarakat,
kita tunduk pada berbagai
undang-undang. Di Indonesia, kita punya
undang-undang Negara, hukum2
kabupaten, hukum dan peraturan
kota.
Kita tunduk/patuh kepada semua hukum ini, dan pada beberapa
kejadian, hukum2 itu bertentangan satu
salam lain.
5.
Ada
juga berbagai undang2 yang mana orang-orang Galilea dan Judea patuhi pada zaman
Yesus. Ada hukum Romawi secara
menyeluruh diberlakukan oleh pemerintahan Romawi. Lalu ada juga hukum yang dikenakan untuk
berurusan dengan kebiasaan dan tradisi Yahudi yang ditetapkan oleh SANHEDRIN di
Yerusalem. Ada juga hukum2 yang
mempengaruhi sinagog setempat dan masyarakat sekitarnya.
6.
Baca
Lukas 2:1-5. Dengan jelas, Yusuf dan
Maria telah berpikir, perlu mengadakan perjalanan yang cukup jauh ke Betlehem
untuk membayar pajak mereka kepada pemerintah Romawi. Memahami hukum-hukum dan Codes/peraturan
hukum pada saat itu membantu kita untuk mengerti Alkitab. Ini khususnya berlaku dalam Kisah-kisah
Paulus dan ketika dia dipenjarakan, ditangkap, disiksa serta penyaliban Yesus.
7.
SANHEDRIN,
atau Council/Dewan (Yoh.11:47; Kis.5:27) terdiri dari 71 pria terpilih dari
antara para imam, rabi-rabi, dan tua-tua dari keluarga terkemuka Yehuda. Imam Besar adalah petugas yang
memimpin/mengetuai (Presiding officer).
Para anggota Sanhedrin mendasarkan semua pembahasan mereka dan hukum
mereka pada 5 Kitab Musa—satu-satunya bagian dari Alkitab yang diterima oleh
orang-orang Saduki. Ke 5 Buku Musa
disebut Torah/Taurat atau, HUKUM MUSA karena ia telah menulis 5 buku itu. Tentu, maksud mula-mula(Original intent)
adalah bahwa Tuhan akan menjadi Raja orang2 Yahudi yang bersama para nabi Yahudi
dan Nabi-nabi yang menjalankan hukum2 Allah itu dengan cara yang adil atas
umat-Nya.
8.
Pertimbangkan
beberapa contoh dimana Hukum Musa yang masih dipraktekkan pada zaman
Yesus.---PRIA Yahudi masih diharapkan untuk membayar ½ syikal pajak
kaabah/temple tax (Mat.17:24-27; Kel.30:13); PERCERAIAN masih diatur oleh
ketentuan yang ditetapkan oleh Musa (Mat.19:7; Ul.24:1-4); Orang-orang masih
menganut hukum pernikahan turun ranjang(Levirate marriage) dimana seorang JANDA
menikahi saudara suaminya (Mat.22:24; Ul.25:5); Anak laki-laki masih disunat
pada hari ke 8 (Yoh.7:23; Im.12:3); dan para pezinah harus dihukum rajam
(Yoh.8:5; Ul.22:23-29) PSSD hlm.7.
9.
Dalam
kasus perdata (Civil) atau Pidana (Criminal cases), hukum Yahudi menuntut
adanya setidaknya 2 saksi.(Mat.26:59-61; Ibr.10:28 dan Ul.17:2-6). Beberapa Hukum Musa tampak cukup aneh (asing)
bagi kita. Sebagai contoh, perhatikan
aturan dan hukum dalam Ul.21 (Cara mengadakan pendamaian karena pembunuhan oleh
seorang yang tak dikenal) dan Bil.5:11-30 (Hukum mengenai perkara cemburuan).
Yakni : 1)
Hukum moral dari Sepuluh Hk.Allah; 2) Hukum2 upacara alat pemerintahan Kristus
dan Hukum-Nya. - #1 - page 1 of 4 kurban2, dll.; 3) Hukum2 kesehatan; 4)
Hk.Sipil; dan 5. Hukum2 Marching.(baris,pemecatan)
11. Ellen
White membuat beberapa pernyataan yang sangat menarik tentang mengapa semua aturan/rules itu diberikan?.
Jika Adam
tidak melanggar hukum Allah, hukum upacara tidak akan pernah dilembagakan
(never have been instituted). Injil Kabar Baik, pertama kali diberikan kepada
Adam saat deklarasi disampaikan kepadanya bahwa benih perempuan itu akan
meremukkan kepala ular; dan diturunkan dari generasi ke generasi sampai kepada
Nuh, Abraham, dan Musa.
Pengetahuan
tentang Hukum Allah, dan Rencana Keselamatan telah diberikan kepada Adam dan
Hawa oleh Kristus sendiri. Mereka dengan hati2 telah menyimpan pelajaran
penting itu, dan menyampaikannya dari mulut ke mulut, kepada anak-anak mereka
dan cucu-cicit mereka.They carefully treasured the important lesson, and
transmitted
it by word of
mouth, to their children, and children’s children. Dengan demikianlah hukum
Allah itu tetap terpelihara.—The Signs of the Times, March 14, 1878; Selected
Messages, book
1, p. 230.
Jika manusia
telah memelihara hukum Allah itu, sebagaimana yang telah diberikan kepada Adam
setelah kejatuhannya, dipelihara oleh Nuh dan oleh Abraham(Kej.26:5), maka
tidak perlu ada tanda/peraturan sunat (the ordinance of circumcision). Dan jika
keturunan Abraham telah memelihara perjanjian itu, yang mana sunat adalah
sebuah tanda, mereka tidak akan pernah tergoda kedalam penyembahan berhala,
tidak akan mengalami kehidupan perbudakan di Mesir; mereka akan terus
memelihara Hukum itu dalam pikiran mereka, dan tidak perlu Hukum Allah itu di
umumkan di bukit Sinai atau terukir pada loh batu.
Dan
orang-orang yang mempraktekkan prinsip-prinsip dari 10 Perintah Allah, tidak
memerlukan petunjuk tambahan yang diberikan kepada Musa.—Patriarchs and
Prophets 364.2
(1890). (Compare 1SM 233-235.) [Words in brackets are added.]
12. Jelaslah
dari dua kutipan ini bahwa hukum-hukum telah ditambahkan dan ditambahkan
(added) karena Allah tahu kita membutuhkannya(mereka) karena dosa kita, bukan
karena mereka awalnya diperlukan.
Namun di
Surga, pelayanan tidaklah diberikan dalam semangat legalitas(legality). Ketika
setan memberontak melawan hukum Tuhan, pemikiran bahwa disana ada hukum datang
kepada para malaikat hampir sebagai suatu kebangunan kepada sesuatu yang tidak
terpikirkan. Dalam pelayanan/pekerjaan mereka para malaikat bukan sebagai
pembantu (as a servant), tetapi sebagai anak-anak. Ada kesatuan yang sempurna
antara mereka dan Pencipta mereka.
Penurutan bagi
mereka tidak membosankan. Kasih kepada Allah membuat pelayanan mereka suatu
sukacita.—Thoughts From the Mount of Blessing 109.2. (Lihat juga 1 Timothy
6:8-10.)
13. Apakah
benar untuk mengatakan bahwa semakin dekat kita mematuhi dan mengikuti hukum2
Allah, maka semakin sedikit kita memerlukan hukum-hukum Allah itu?.Ingat apa
yang dikatakan oleh Paulus bahwa "hukum" telah ditambahkan (was
added) : Gal.3:19-25.
14. Pada zaman
Kristus, Orang2 Yahudi juga mencoba untuk mengikuti suatu koleksi besar hukum2
lisan(oral laws) yang dikenal sebagai Hukum Rabi(Rabbinic law). Dalam bahasa
Ibrani hukum lisan ini dikenal sebagai halaqah(jamak: halakoth) yang berarti
"berjalan"/to walk. Selama bertahun-tahun, para rabi Yahudi telah
menetapkan bahwa ada 613 hukum utama(major laws) yang terdapat dalam buku-buku
Musa (Termasuk 39 diantaranya berkaitan dengan sabat).
(Para Rabi merasa bahwa jika rakyat menaati
halakoth, maka rakyat akan “berjalan” di jalur 613 HUKUM. Sekalipun berawal dari hukum lisan, halakoth
rabbinis tsb. Disusun dan dicatat dalam bentuk buku.)
Sejumlah uu/hukum tersebut kemudian dikenal
sebagai MIDRASH.
Sedangkan yang lainnya dicatat dicatat dalam
kumpulan hukum yang disebut MISHNAH.
(Ketika itu digunakan oleh mereka guna melawan Yesus—tetapi kesalahan
lebih banyak muncul dari perilaku para pemimpin Yahudi, bukan dengan hukum2 itu
sendiri).
Beberapa dari hukum2 itu dianggap lebih
penting yang telah dituliskan dalam suatu koleksi yang disebut Mishnah.
* Sebagai tambahan terhadap Hk2 Musa, orang2
Yahudi pada zaman Yesus juga telah terbiasa dengan hukum para rabi. Para Rabi=senjata cerdik dari orang
Farisi. Tanggung jawab para rabi ini adalah
memastikan agar hukum Musa tetap relevan bagi umat Yahudi. Para Rabi menghitung ada 613 hukum dalam 5
KITAB MUSA (termasuk 39 di antaranya berkaitan dengan Sabat), dan mereka menggunakan
hukum2 ini sbg dasar bagi perundang-undangan mereka.
15. Tentunya,
kita semua menyadari bahwa orang-orang Yahudi sangat berhati-hati dalam
pemeliharaan Sabat. Para pemimpin Yahudi secara terus menerus menuduh Kristus
melanggar aturan Sabat mereka. Apakah peraturan2 Sabat mereka?. Banyak dari
peraturan2 itu telah dipelihara dalam sebuah buku orang Yahudi yang telah dijilidkan,
yang disebut dengan Mishnah.
The Oxford
University Press telah menghasilkan terjemahan Mishnah dalam bahasa Inggeris,
dan itu dapat memberikan detailnya bagi kita. Pertama/mula2, bagaimanapun,
perhatikanlah bahwa dalam memberikan perintah ke empat, Allah hanya mengatakan
secara sederhana:"Ingatlah dan kuduskanlah
hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala
pekerjaanmu,..(Kel.20:8,9). Namun, Dia tidak memberitahukan kepada mereka
"pekerjaan" yang ada dalam pikiranNya.(What "work" He had
in mind). Jadi, mereka mulai untuk memecahkan masalah itu. Lihat Mishnah, hlm.
106.
Kelas-kelas
utama pekerjaan adalah 40(The main classes of work are 40), save 1.
Menabur,membajak,menuai,mengikat sheaves, threshing, menampi,membersihkan
tanaman,penggilingan,pengayakan,meremas,baking,sheering wool, mencuci, atau
pemukulan/beating, atau pencelupan wol, memutar, menenun, membuat 2 loop(satu
akan baik-baik saja tapi tidak dua), tenun benang dua, memisahkan dua benang,
mengikat simpul,melonggarkan simpul, menjahit dua jahitan,(Jika kancing hanya
jatuh, diperbaiki dalam perjalanan hari sabat ke gereja dan itu adalah gembala
kami --dia ingin terlihat rapi diatas mimbar--itu terlalu buruk. Dia tidak bisa menjahit itu) merobek agar
menjahit 2 jahitan,berburu rusa,pemotongan, atau menguliti, atau pengasinan
atau curing it's skin, menggores atau memotong, menulis dua surat, menghapus
untuk menulis dua surat, membangun,merobohkan,memadamkan api,menyalakan api,memukul
dengan palu, atau mengambil dari satu tempat ke tempat yang lain. Inilah semua kelas utama dari pekerjaan,
Forty save.(Isi dalam kurung ditambahkan.
16. Dalam catatan kaki dikatakan: "39
tindakan kerja ini diperlakukan dalam berbagai tingkat menditeil dalam fasal 39
dan yang mengikutinya.” Jadi, apakah rincian tersebut?) Pertimbangkanlah
uu/hukum2 ini tentang Kristus dan Hukum-Nya.-#1 - hlm.2 dari 4.
Mandi pada hari Sabat dan mengeringkan.
Jika seorang pria mandi di air sebuah gua
atau di air Tiberias dan mengeringkan dirinya sendiri,bahkan walaupun itu
dengan 10 handuk, ia mungkin tidak dapat membawa mereka pergi dalam tangannya.
Anda bertanya-tanya apa itu artinya?. Jadi dengan demikian ada sebuah catatan
kaki:
Dari takut
menyinggung terhadap prinsip memeras keluar namun ada sedikit kelembaban di
dalamnya. Kemudian Anda melihat
pointnya. Anda tidak di izinkan untuk
memeras handuk pada hari Sabat. Namun,
Anda ingin mengeringkan Anda sendiri. Baik, gunakanlah 10 handuk dan tidak ada
satupun diantara mereka yang akan sangat basah, dan Anda tidak
bersalah menekan/memeras mereka. Tetapi tidak, hal itu dilarang. Jadi, aturan berlangsung begini:
Namun, jika 10
orang/ mengeringkan mereka sendiri dengan handuk satu(Kemudian itu akan sangat
basah, bukan?, menyeka wajah mereka, tangan dan kaki mereka, mereka mungkin
membawa kembali handuk itu di tangan mereka. [Nah, bagaimana mungkin?]. Begitu
banyak manusia yang akan terus saling memperingatkan bahayanya
memeras(menekan). [Isi dalam kurung disediakan.]
Akan jauh
lebih aman untuk 10 orang menggunakan satu handuk dan mendapatnya sangat basah
karena mereka akan mengingatkan satu sama lain bahwa mereka tidak harus
meremasnya. Tetapi, jika satu orang menggunakan 10 handuk--meskipun handuk
tidak akan sangat basah--ada bahaya dia akan melupakan dan menekan salah satu
dari mereka. Ingat bahwa lain waktu Anda
take a shower.!
17. Apakah mengherankan kemudian bahwa Yesus
tampaknya pergi keluar dari cara-Nya untuk melanggar peraturan buatan manusia
mereka sementara memelihara peraturan2 Allah?. Baca Lukas 14:1-6(Penyembuhan
pada hari Sabat: Seorang yang sakit busung air) dan Yohanes 9(Org yg.buta sejak lahirnya).
Masehi Advent Hari Ketujuh terus memelihara Sabat hari ketujuh. Sebagian besar
saudara2 Kristen tidak memeliharanya. Mereka melihat pada banyak mujijat yang
Yesus telah peragakan pada hari Sabat dan menganjurkan bahwa dengan meyatakan
mujijat2 itu pada Sabat, Dia melakukan jauh dengan perintah Sabat. Ketika Anda
membaca berbagai cara dimana Yesus melakukan mukjizat pada hari Sabat, apakah
pendapat Anda?. Apakah Yesus mencoba untuk mendukung suatu pemeliharaan yang
benar akan hari Sabat?. Atau, apakah Dia sedang mencoba untuk menyingkirkan
hari Sabat?, Atau Mishnah?. Apakah hukum
Sabat itu poscriptive?. Atau
descriptive?.
18. Hampir
semua orang yang mempelajari Alkitab dengan hati-hati akan mengakui bahwa
orang-orang Yahudi, terutama orang-orang Parisi, diperlukan menjaga dengan
teliti Sepuluh Perintah Allah. Ada suatu bagian dari Misnah yang disebut TAMID
(5:1) yang menyatakan bahwa orang2 Yahudi yang setia harus melafalkan Sepuluh
perintah-perintah setiap hari. Haruskah kita melakukan itu?. Mereka percaya bahwa semua hukum lainnya
tergantung atau berasal dari 10 Perintah Allah. Haruskah kita melakukan itu?.
19. Pada suatu
kesempatan, Yesus bertanya apakah perintah terbesar?. Baca Matt. 19:16-19 (Ttg
Orang Muda yang kaya).
Roma 13:8-10(Kasih
adalah kegenapan Hk.Taurat); dan Yakobus 2:8-12(Kasihilah sesamamu manusia
seperti diri sendiri). Advent Hari Ketujuh telah menyarankan bahwa 10 Hukum
adalah akhirnya telah diringkaskan ke dalam 2 perintah:
1) Menyembah
Allah yang utama, dan
2) Mengasihi semua orang sebagaimana kita
mengasihi diri kita sendiri. Kedua hukum ini dapat akhirnya diringkaskan lagi
dengan perkataan tunggal KASIH. Jika kita benar-benar mencintai setiap orang
sebagaimana seharusnya, akan tidak ada lagi masalah(no problem) dalam
pemeliharaan kita akan setiap hukum itu.
20. Haruslah
jelas bagi kita semua bahwa setiap masyarakat yang akan bertahan hidup(survive)
harus mempunyai beberapa aturan dan uu/hukum yang disepakati. Jadi, dimanakah
masyarakat mendapatkan ide dari apa yang benar dan apa yang salah?.
Bahkan banyak
atau kurang, masyarakat ateis seperti pemerintahan komunis yang kita kenal
memiliki banyak uu/hukum2. Bukankah seharusnya uud/hukum2 itu dirancang untuk
membantu kita hidup bersama secara damai dan aman?.
Apakah Anda
setuju bahwa 10 Perintah Allah dipahami dengan benar dan sepenuhnya membentuk
dasar dari semua hukum moral?.
21. Apakah
memelihara Sepuluh Perintah sesuatu yang kita lakukan secara alami?. Haruskah orang2 Kristen selalu merasa nyaman
memelihara Sepuluh Perintah Allah?. Mengapa itu, pada waktunya, kita tidak. Ingat bahwa kita dilahirkan dengan sifat
egois/selfish, dan Sepuluh Perintah diringkas oleh ke dua dan oleh perintah untuk mengasihi itu kebalikan dari
ke egoisan. Jadi masing-masing dari kita harus terus berjuang diantara egois
alami kita dan hukum2 kasih yang kita percaya Tuhan telah berikan kepada kita.
22. Jika Anda
ditugaskan, tugas mendirikan sebuah masyarakat baru, apakah ada dari 10
perintah Allah yang anda ingin
tinggalkan?. Dapatkah anda meninggalkan hari Sabat.?
23. Ada
berbagai cara di mana orang-orang telah melihat perintah2 Allah selama beberapa
generasi.
Bahkan di
zaman kita, banyak orang percaya bahwa Alkitab penuh dengan harus dan tidak
boleh dilakukan (full of do's and dont's), "perbuatan yang harus dilakukan
dan dosa yang harus dijauhi!". Mereka menganggap Alkitab sebagai semacam
cetak biru (blue print).
24.
Orang-orang lain menganggap Kitab Suci dengan semua ceritanya, peraturan2,
hukum2 sebagai sebagai satu deskripsi utama tentang bagaimana kita dapat diselamatkan.
Christ and His
Law - #1 - page 3 of 4
25. Sementara
yang lain, mungkin dengan pengetahuan yang lebih dalam akan kitab suci, melihat
kitab suci sebagai cerita tentang Allah dan urusannya dengan anak-anakNya yang
penuh dosa dan pembrontakan turun menurun (dari generasi ke generasi). Hal ini terutama cerita tentang Allah.
26. Jadi,
bagaimana Anda merasakan tentang hukum-hukum Allah dan perintah-perintahNya?.
Jika Anda adalah orang percaya dan berusaha utk melakukan kehendak Allah, apa
yang membuat Anda bersedia untuk taat?. Bisakah Anda mengatakan, "Saya melakukan apa yang saya lakukan
karena Allah yang telah menyuruhku, dan Dia memiliki kuasa untuk memberi
upah/menghargai dan membinasakan/menghancurkan?.Apakah ini mengapa Anda tidak
membunuh atau berzinah karena Allah telah mengatakan Anda tidak harus
melakukannya?.
27. Menurut
Anda, apakah yang ada dalam pikiran E.G. White ketika dia berkata: "Hukum
dari 10 perintah tidak harus dipandang dari sisi banyak larangan, seperti dari
sisi belas kasihan. Larangan2nya adalah
jaminan pasti kebahagiaan dalam penurutan".? (1 SM 235.1).
28. Apakah 10
Hukum mempromosikan kebebasan dan keadilan?. Banyak orang Kristen menganggap
Hukum dan Kasih Karunia (law and grace) menjadi dua ekstrem pada sebuah
kontinum. Apakah itu benar?.
29. Bahkan
dalam Perjanjian Lama, hati-hati melihat banyak kata yang berbeda yang telah
digunakan oleh orang2 Ibrani untuk
menggambarkan hukum menunjukkan bahwa kata-kata ini bisa menggambarkan
bukan hanya hukum tetapi instruksi, bimbingan, undang2, perintah, atau bahkan
aturan2/ajaran2.
30. Ciptaan
Allah yang semula digambarkan sebagai :"baik/good", bahkan "sangat baik/very good". (Kejadian
1). uu/Hukum Allah dianggap oleh para malaikat sebagai sesuatu yang sangat
alami bahwa mereka bahkan tidak berpikir tentang mereka, mereka hanya melakukan
mereka secara alami. (MB 109; compare COL 97,98)
31. Apakah
Anda mempertimbangkan suatu kehidupan yang tinggal hidup mengikuti perintah2
Allah suatu penggenapan/pemenuhan Yohanes 10:10 yang berkata: "Aku datang
supaya mereka memiliki hidup, dan memilikinya berlimpah"? (NASB).
32. Baca Wahyu
12:17 (Marahlah naga itu---yang menuruti hk2 Allah dan memiliki Kesaksian
Yesus) dan 14:10. Kelompok umat Allah yang terakhir di dunia ini digambarkan
dalam buku Wahyu yang tetap bertahan karena mereka memelihara hukum2 Allah.
Apakah sudah menjadi lebih jelas dalam pikiran Anda bahwa orang2 dari dunia
bergerak menjauh dari perintah2 Allah secepatnya. Bagaimana kita menanggapi
perubahan sosial ini?. Apakah kita masih menganggap hukum Allah itu penting
bagi kita?.