Rabu, 10 April 2013

KESEHATAN UNTUK KITA (1-10)



KESEHATAN UNTUK KITA (1)

PENTINGNYA: PERUBAHAN CARA & SIKAP HIDUP:

   Dr. Charles Tam, Dir.Cardiologi R.S. ST Helena, Deer Park, California bersaksi bahwa dia sudah praktek kardiologi lebih 20 tahun. Dalam melatih para penderita kardiovascular dengan obat-obatan dan operasi—dia terkesan pada penanggulangan penyakit kardiovascular melalui perubahan cara dan sikap hidup.  Menurut beliau : “Selama beberapa tahun saya telah menangani ratusan pasien.  Kebanyakan para pasien itu, dapat diturunkan tekanan darahnya dan juga menghentikan pemakaian obat tekanan darah, seringkali hanya dalam beberapa minggu saja.  Hampir semua dapat menghentikan obat diabetes mereka, juga injeksi insulin, dan kadar gula darah mereka tetap terkendali.  Banyak yang dapat menurunkan berat badan secara rasional dan berhasil, serta tetap menjaga berat badannya, tanpa diet yang menimbulkan rasa lapar.  Dan banyak yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi ketergantungan pada obat angina mereka.  Pada dasarnya, apa yang mereka lakukan ialah: MAKAN LEBIH BANYAK TUMBUH-TUMBUHAN ALAMIAH YANG SEGAR DAN MELAKUKAN OLAHRAGA JALAN YANG TERATUR.  Dr. Hans Diehl banyak memberikan kepada kita dorongan dan pengetahuan untuk memperbaiki cara hidup kita, sehingga dapat awet muda dan panjang umur dalam keadaan sehat dan penuh vitalitas.  Tujuannya adalah menolong kita agar mati karena satu penyebab yang baru ; MATI KARENA USIA TUA.”
          Dr. Charles Tam, Waspadai Diabetes,Kolesterol,Hipertensi, hlm.8.
          Direktur Cardiologi RS ST. Helena, Deer Park, California.

KESEHATAN UNTUK KITA (2)

 YANG KITA BUTUHKAN ADALAH CARA HIDUP YANG BARU BUKAN DIET.

   “Anda tidak membutuhkan “diet” yang lain.  Anda membutuhkan cara HIDUP yang baru.  Yang Anda harus lakukan ialah menggabungkan program gerak badan yang teratur dengan diet yang mengandung karbohidrat komplek dan serat, serta rendahnya kadar lemak, minyak, kolesterol, gula dan garam!.  Hanya itu.  Itulah yang harus dilakukan. 
   Menurut statistik di Amerika Serikat:
1.   Setiap hari, lebih dari 4000 kali terjadi serangan jantung.
2.   Setiap 50 detik, dijumpai seorang penderita baru diabetes.
3.   Setengah dari penduduk berusia lebih dari 40 tahun menderita tekanan darah tinggi.
          Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.10-11.
“Data tahun 2.000, jumlah penderita DM di Indonesia mencapai 8,4 juta orang dan menjadikan Indonesia menempati ranking keempat dalam jumlah penderita diabetes di dunia. Pada tahun 2030 nanti, diperkirakan jumlahnya akan naik menjadi 21,3 juta orang.
Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 menunjukkan, sebaran pasien diabetes di Indonesia yang melebihi 1,5 persen penduduk ada di Provinsi Sumatera Utara, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Menurut Budiman (dr.sepesialis penyakit dalam), hal itu mungkin terkait dengan gaya hidup dan pola makan.”
                             www.solusi-diabetes.com, Kompas.com. 31 Maret 2013.

“Penyakit jantung dikenal sangat mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah.
Data terakhir World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa serangan jantung masih menjadi pembunuh manusia nomor satu di negara maju dan berkembang dengan menyumbang 60 persen dari seluruh kematian. Sementara di Indonesia, 17 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terserangnya penyakit jantung. Oleh sebab itu, ubahlah pola hidup dengan hidup sehat agar terhindar dari penyakit ini.”  Okehealth, 31 Maret 2013.

Hipertensi merupakan gangguan sistem peredaran darah yang menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal (140/90 mm Hg atau lebih).Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes RI bahkan menunjukkan prevalensi hipertensi nasional sebesar 31,7%..
Hipertensi bukan saja penyakit mematikan, tapi juga pemicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Meski demikian, hipertensi dan komplikasinya dapat dicegah, tentunya dengan upaya perbaikan gaya hidup dan mengatasi faktor risikonya. “Upaya-upaya ini tidak hanya ditujukan untuk orang sehat, tapi juga kelompok risiko tinggi maupun pasien hipertensi itu sendiri,” kata Tjandra Yoga Aditama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan penyehatan lingkungan.
Caranya yakni :
1. Pertahankan berat badan ideal. Atur pola makan, antara lain tidak mengonsumsi makanan tinggi garam dan tinggi lemak, serta perbanyak konsumsi buah dan sayur
2. Olahraga teratur. Sedapat mungkin atasi stres dan emosi
3. Hentikan kebiasaan merokok
4. Hindari minuman beralkohol
5. Periksa tekanan darah secara berkala. Dan lakukan pengecekan ulang minimal setiap 2 tahun untuk kelompok nomotensi dan setiap tahun untuk kelompok pre hipertensi, yaitu tekanan darah sistolik 120-139 mmHg atau diastolik 80-90mmHg dan
6. Bila diperlukan konsumsi obat-obatan penurunan tekanan darah serta makan secara teratur.

                   Ilmu Kesehatan.com, 31 Maret 2013.
KESEHATAN UNTUK KITA (3)
MEMBUAT PEMBULUH ARTERI BERSIH:
   “Gali dan makanlah lebih banyak kentang, umbi, labu, pasta, biji-bijian pecah kulit, roti gandum dan beras merah, tepung-tepungan yang tidak diolah secara berlebihan yang rendah kalori dan bergizi tinggi, bersama buah-buahan segar dan sayuran.  Bumbuilah makananmu dengan bumbu dan penyedap alamiah.  Makan dengan cara ini dapat menjaga dompet Anda tetap penuh, badan Anda ramping, pembuluh arteri Anda bersih, otak dan badan Anda bebas dari obat-obatan”.  “Obat-obatan samasekali tidak mampu mencegah atau memulihkan penyakit pembuluh darah jantung.  Ada kemungkinan obat-obatan ini bisa menghilangkan beberapa gejalanya, bisa membuat electro cardiogram terlihat lebih baik, tapi penyakit ini tetap berkembang dan membunuh 750 000 orang Amerika setiap tahun!”.
   Kesaksian : Namun penulis pernah menanyakan perihal obat ini kepada seorang dokter akhli jantung.  “Dok, bukankah kita tidak perlu lagi makan obat untuk pengencer darah bilamana kita sudah mengkonsumsi makanan sayur-sayuran dan buah-buahan?”.  Beliau menjawab : Memang ada beberapa makanan yang dianggap bisa menolong sebagai pengencer darah, seperti daun singkong, daun pepaya dan biji anggur merah.  Namun itu tidak cukup, itulah sebabnya masih tetap dibutuhkan makan obat pengencer darah bagi yang mendapat masalah penyempitan  pembuluh darah jantung”.

Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.12, 19.
Huruf miring adalah tambahan.

"Sebenarnya tidak ada makanan yang mampu membersihkan arteri. Dengan menjauhi makanan tertentu yang dapat meningkatkan peradangan pembuluh darah dan menggantinya dengan makanan yang menghambat peradangan, tentu kita bisa mengurangi penyakit arteri," jelas Fialkow, spesialis kolesterol dan ahli jantung di Miami, Florida.

Dengan perubahan pola makan, kita bisa menghapus tumpukan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah dan membuatnya menjadi lebih kuat, bersih dan stabil. Akhirnya, mencegah terjadinya pembekuan darah, yang menyebabkan serangan jantung.

Yang tak kalah penting, jangan berharap pembuluh darah bersih dari makanan saja. Jika Anda masih merokok, sama saja bohong.

Ikan.
Kaya akan asam lemak omega 3, yang merupakan nutrisi bermanfaat dalam mengatur denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kolesterol darah, menurunkan trigliserida dan memperlambat laju penumpukan plak.

Almond. Tak perlu khawatir, almond mengandung lemak baik, tipe lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini justru menurunkan kolesterol darah, mengontrol kadar gula darah dan mengandung vitamin E yang sangat baik bagi tubuh. Kacang almond boleh lho jadi cemilan sehat Anda.

Brokoli. Sayuran hijau ini kaya akan kalium yang meningkatkan fungsi otak, mengatur tekanan darah dan meningkatkan pertumbuhan otot. Brokoli juga penuh serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Alpukat. Sebuah penelitian di tahun 1996 oleh peneliti Meksiko menemukan bahwa orang yang alpukat setiap hari selama satu minggu mengalami penurunan rata-rata 17 persen kolesterol total darah. Bahkan, tingkat kolesterol buruk menurun dan meningkatkan kolesterol baik.

Gandum utuh. Serat larut yang ditemukan dalam gandum, beras merah dan oatmeal memiliki efek menyeimbangkan pada kadar kolesterol darah untuk menjaga arteri tetap bersih.

Buah delima. Delima mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan arteri dari kerusakan. Penelitian dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa antioksidan dalam delima juga merangsang tubuh memproduksi oksida nitrat, yang membantu menjaga kestabilan aliran darah.
                                      Ghiboo.com, 31 Maret 2013.


                                     KESEHATAN UNTUK KITA (4)
ATEROSKLEROSIS : PEMBUNUH BERDARAH DINGIN :
   “Pembuluh arteri hampir semua orang Amerika tersumbat dengan kolesterol, lemak dan calcium yang secara bersama-sama membuat pembuluh darah itu mengeras dan akhirnya tersumbat.  Aterosklerosis tidak berkaitan dengan ras(bangsa) tapi berkaitan dengan makanan”.
    “Semakin lama Anda menunggu untuk mengubah cara hidup Anda, semakin besar kemungkinannya untuk mendapat penyakit jantung.  Untunglah, kebanyakan faktor risiko tinggi penyakit jantung dapat dikendalikan.  Anda dapat mengubah kadar kolesterol, tekanan darah, triglyserides, kegemukan, dan diabetes Anda dengan mengubah diet Anda”.

     Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.26,30.

“Aterosklerosis, (ath-eh-o-skler-O-sis) berasal dari kata Yunani athero - yang berarti bubur atau pasta dan sclerosis artinya kekerasan - dan merupakan pengerasan pembuluh darah - itu adalah penyebab paling umum dari penyakit jantung.
Tepatnya apa yang menyebabkan aterosklerosis tetap tidak diketahui, tetapi penelitian menunjukkan bahwa aterosklerosis adalah penyakit, lambat kompleks yang dapat mulai di masa kecil dan seperti umur orang, itu berkembang lebih cepat.
Aterosklerosis menyebabkan plak menumpuk pada dinding bagian dalam arteri, pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, dan sebagai dinding arteri menebal, jalur untuk darah menyempit dan ini dapat mengurangi atau memblokir aliran darah melalui tubuh.
Plak membangun adalah hasil dari tingkat tinggi kolesterol, kalsium lemak,, dan zat lainnya dalam darah - kadar kolesterol darah tinggi meningkatkan kemungkinan bahwa plak akan membangun di dinding arteri - proses ini dimulai di sebagian besar orang ketika mereka anak-anak atau remaja dan memburuk ketika mereka semakin tua.
Sebagai aturan aterosklerosis tidak menimbulkan gejala sampai arteri menjadi menyempit atau tersumbat, sekali ini terjadi gejala mungkin termasuk angina dan nyeri kram kaki ketika berjalan - ketika aliran darah yang kaya oksigen ke organ dan bagian tubuh lainnya berkurang. masalah serius, termasuk serangan jantung, stroke, atau bahkan kematian.”
                                                               News Medical, 01 April 2013.

Pencegahan


                                    KESEHATAN UNTUK KITA (5)
PENTINGNYA PERUBAHAN CARA HIDUP YANG SEDERHANA.
   “Penelitian Lembaga Kesehatan Nasional di Amerika Serikat yang bernilai jutaan dollar, menunjukkan bahwa 63 sampai 80% dari seluruh serangan koroner yang terutama pada usia sebelum 65 tahun dapat dicegah, jika kita mau menurunkan kadar kolesterol kita (dibawah 180), menurunkan tekanan darah (dibawah 125) dan berhenti merokok.  Perubahan-perubahan cara hidup yang sederhana ini, mampu melakukan lebih banyak perbaikan bagi kesehatan kita daripada hasil usaha gabungan semua rumah sakit, pembedahan dan obat-obatan”.
   “Sangat bermanfaat untuk melakukan pemeriksaan jantung”.  “Untuk menentukan kadar kolesterol, triglyserides dan tekanan darah Anda pergilah ke dokter.  Tes darah adalah sederhana, tidak mahal dan hanya memakan waktu kira-kira 5 menit dan akan sangat membantu Anda”.

        Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.31-32, 34.

“Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh agar semua organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Pola makan yang sehat dapat menjadikan tubuh kita sehat, sebaliknya dengan pola makan yang tidak sehat maka tubuh kita akan rentan terhadap berbagai penyakit. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar kita mempunyai pola makan yang sehat, antara lain:
  1. Jumlah makanan yang kita konsumsi
  2. Jenis makanan
  3. Jadwal makan
Makanan yang kita konsumsi harusnya seimbang antara jumlah makanan yang masuk dan energi yang kita keluarkan. Pengukuran yang paling mudah sebagai parameter apakah makanan yang kita konsumsi sudah cukup atau belum buat tubuh kita adalah berat badan. Berat badan yang ideal sangat penting dipertahankan agar tubuh kita tidak rentan terhadap penyakit.
Jenis makanan yang kita konsumsi hendaknya mempunyai proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemaknya. Komposisi yang disarankan adalah 55-65% karbohidrat, 10-15% protein, 25-35%  lemak. Golongan karbohidrat yang biasa kita konsumsi antara lain nasi, roti, kentang, mie, bihun. Sedangkan golongan protein, dibagi dua macam, yaitu hewani dan nabati. Protein hewani contohnya daging, telur, susu, sedangkan yang nabati contohnya tahu, tempe, kacang-kacangan. Lemak dari makanan ada yang dalam bentuk lemak jenuh maupun tak jenuh.
Lemak yang jenuh umumnya lebih mudah kita dapat dari makanan kita sehari-hari, karena dari proses pemanasan saja kita akan mendapatkan lemak yang jenuh, sedangkan lemak yang tidak jenuh umumnya berasal dari minyak tidak jenuh seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak canola, yang umumnya tidak dipanaskan. Lemak yang tidak jenuh sangat baik bagi fungsi organ tubuh kita seperti jantung dan pembuluh darah, karena dengan memasukkan lemak tidak jenuh lebih banyak dalam makanan kita sehari-hari, maka kita dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang baik dalam tubuh. Selain bahan makanan makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, kita juga perlu sumber mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Bahan makanan sumber vitamin dan mineral ini dapat kita peroleh dari buah-buahan dan sayuran.
Selain makronutrien dan mikronutrien tersebut tubuh kita juga memerlukan serat. Kebutuhan serat yang dianjurkan perhari adalah 25 g atau 13 g/ 1000 kalori makanan yang dikonsumsi. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, kira-kira 60% dari berat badan, oleh karena itu jangan lupa minum air minimal 2 liter perhari
Jadwal makan yang ideal dijalankan agar kita mempunyai pola makan yang baik adalah 5 sampai 6 kali sehari, yaitu sarapan pagi, snack, makan siang, snack sore, makan malam, dan bilamana perlu boleh ditambah dengan snack malam. Agar terhindar dari sakit maag sebaiknya kita mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering.
Gaya hidup yang sehat dapat kita capai selain dari pengaturan pola makan yang sehat, kita juga harus dapat mengatur :
  1. Berat badan yang seimbang
  2. Managemen stres
  3. Cukup tidur
  4. Hindari rokok
  5. Hindari minuman beralkohol
  6. Hindari narkoba
  7. Berolah raga yang teratur
  8. Perbanyak olah tubuh selain waktu olah raga
  9. Lakukan hubungan seksual yang sehat dengan suami/istri
  10. Melakukan medical check up secara teratur
  11. Berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gangguan kesehatan.            Healthy Stuff, 02 April 2013.



KESEHATAN UNTUK KITA (6)
KELEBIHAN BERAT BADAN TIDAK SEHAT.
   “Kelebihan berat badan sebanyak 20% atau lebih adalah tidak sehat. Penelitian Framingham menyatakan bahwa kelebihan berat badan sebanyak 2,5 sampai 5 kg mempunyai pengaruh terhadap angka kematian; setiap kelebihan berat badan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kesehatan dan umur.  Setiap 0,5 kg kelebihan berat badan memperpendek 1(satu) bulan umur Anda; 30 kg.kelebihan berat badan akan memperpendek umur Anda sebanyak 5(lima) tahun.  Kepribadian kitapun terganggu.  Cara hiduplah yang menjadi biang keladinya”.
   “Makanan yang kita santap di rumah dan makanan yang dihidangkan di pesta-pesta, di rumah-rumah makan, dan bahkan di rumah-rumah sakit, ikut berperan dalam kegemukan yang kita alami.  Ide kita tentang makan malam yang indah mengakibatkan munculnya infark koroner.  Reaksi kita yang otomatis dalam menghadapi kelebihan berat badan adalah melakukan diet.”
           Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.38-39.

“Terkadang kita dibuat bingung dengan istilah obesitas dan kelebihan berat badan (overweight). Keduanya menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronik, diantaranya diabetes mellitus tipe 2, penyakit jantung koroner dan pembuluh darah, hipertensi, strok dan berbagai jenis kanker.
Lantas bagaimana  membedakan di antara keduanya? Overweight adalah kondisi berat badan seseorang melebihi berat badan normal pada umumnya.
Obesitas adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih, sehingga berat badan seseorang jauh di atas normal.
Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar.
Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) telah diakui sebagai metoda yang paling praktis untuk menentukan apakah berat badan Anda normal, berlebih atau gemuk (obese). Cara menghitungnya cukup sederhana, yaitu dengan membagi berat badan seseorang (kg) dengan tinggi tubuhnya dalam meter lalu dikudratkan (m)2.
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2010, angka kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas pada penduduk usia dewasa di atas usia 18 tahun tercatat sebanyak 21,7%.
Prevalensi obesitas lebih tinggi di daerah perkotaan dibanding daerah pedesaan, dan juga lebih tinggi pada kelompok yang berpendidikan lebih tinggi dan bekerja sebagai PNS/TNI/Polri/Pegawai.
Berdasarkan jenis kelamin, prevalensi obesitas pada perempuan lebih tinggi (26,9%) dibanding laki-laki (16,3%). Semakin tinggi tingkat pengeluaran rumahtangga per kapita cenderung semakin tinggi prevalensi obesitas.
                                      Tribunnews.com Jakarta, 02 April 2013.


KESEHATAN UNTUK KITA (7)
BERAT BADAN YANG IDEAL
   “Program Pencegahan Penyakit Jantung Stanford mempergunakan rumus sederhana dibawah ini untuk menentukan berat badan ideal:
   Wanita     : Tinggi dalam Cm x 0,63kg – 48,6.
    Pria         : Tinggi dalam Cm x 0,71kg – 57, 6
(Orang dewasa dengan tulang yang besar tambah 8%, tulang kecil kurangi 4%).  “Karena kegemukan didefinisikan sebagai “keadaan patologis yang ditandai oleh tertimbunnya lemak melebihi kebutuhan untuk berfungsi secara optimum, “pengukuran secara teliti dapat dilakukan denga penimbangan secara hidrostatis atau dengan tes sederhana yang disebut “PITCH AN INCH” (Cubitan se inci).  “Bila Anda dapat mencubit satu inci (2,54 cm) lemak dari bagian bawah rusuk Anda, maka Anda telah menderita kelebihan berat badan”.
           Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.41-42.

Perhitungan berat badan konvesional (biasa)
1. Berat Badan Ideal selanjutnya disingkat BBI, untk bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

2. BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

3. Remaja dan dewasa
BBI = (TB - 100) - (TB - 100) x 10%
atau
BBI = (TB - 100) x 90%

[Ket:]
TB = Tinggi badan (cm)

Rumus Brocha
Rumus menghitung berat ideal wanita

Berat badan ideal wanita (kg) = (Tinggi badan(cm) – 100) – (15% x Tinggi badan – 100)
Sebagai perumpamaan jika berat badan wanita tersebut adalah 170 cm, maka berat badan anda ideal adalah:
(170 - 100) - (15% x Tinggi badan - 100) = 59.5 Kg

Penggunaan persentasi 15% bisa diganti 10% dengan syarat apabila anda merasa bugar dan sehat. Sehat disini dalam artian tidak mudah lelah, dan senantiasa merasa fresh yang di imbangi rajin olah raga.
Rumus berat badan ideal pada Pria

Berat badan ideal pada pria = (Tinggi badan(cm) – 100) – (10% x Tinggi badan – 100)
Perumpamaan jika tinggi pria adalah 180 cm, maka berat badan ideal anda adalah:
(180 - 100) - (10% x Tinggi badan - 100) = 72 Kg

Rumus BMI (Body Mass Index)

Body mass Index (BMI) atau Index Massa Tubuh (IMT) merupakan penghitungan berat badan ideal yang dapat digunakan sebagai salah satu rujukan menghitung berat badan.
IMT(BMI) = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m)
Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5

Jika perhitungan diatas sudah di dapat, maka selanjutnya masasukan kriteria hasil tersebut masuk kategori mana menurut  IMT/BMI versi WHO (World Health Organisation):
  • BMI < 18.5 = underweight atau berat badan kurang, anda perlu meningktkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jenis complex carbohidrat 
  • BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus
  • BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk warning untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.
  • BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.
  • BMI >= 30 = anda sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri anda. Segera terapkan program diet lebih serius.

Dengan mengetahui
cara menghitung berat badan ideal diatas, rumus mana yang anda pilih tentunya demi kebaikan tubuh ideal anda. Bagi yang berat badannya kurang bisa memulai konsumsi makanan kaya protein dan karbohidrat. Sementara bagi yang obesitas bisa mencoba cara menurunkan berat badan untuk menghindari berbagai penyakit yang siap mengintai anda. Tetap semangat dan bulatkan tekad demi hidup yang lebih baik.
                                      Sahabat sehat, 02 April 2013.



KESEHATAN UNTUK KITA (8)
PENYEBAB UTAMA KELEBIHAN BERAT BADAN
   “Tetapi bagi kebanyakan dari antara kita penyebab utama berat badan yang berlebihan ialah: kita makan lebih banyak kalori daripada yang dapat kita pergunakan!,  Kelebihan berat badan timbul bila kalori makanan melebihi kebutuhan tubuh akan energi untuk melakukan aktivitas dan metabolisme.  Kita “membakar” makanan untuk menghasilkan panas dan melakukan aktivitas.  Berat badan akan tidak berubah bila kita mempergunakan seluruh makanan kita untuk bahan bakar dan perbaikan.  Tetapi kelebihan kalori akan disimpan sebagai lemak (triglycerides).  Tidak soal apakah berasal dari gula, protein, tepung atau lemak.
   Bila kalori tidak terpakai, ia akan tersimpan dalam “bank lemak”, dan bank ini cenderung membuka kantor-kantor cabang, teristimewa, didalam dan disekitar bagian tengah tubuh kita.  Bagi kita manusia, bila Anda mengurangi makanan dengan 500 kalori setiap hari selama 7 hari, pada akhir minggu Anda akan kehilangan 0,4 kg lemak!.  Pilihan yang paling efektif adalah: kurangi kalori; tingkatkan aktivitas: Anda memasukkan lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak melalui kegiatan. 
          Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.43.

“Menurunkan berat badan berlebih sangat penting untuk kesehatan dan penampilan. Tapi mempertahankannya lebih penting. Banyak orang yang hanya semangat diet sehat untuk turunkan berat badan tapi disiplinnya mengendur setelah hasil itu tercapai, sehingga cenderung menggemuk lagi. Untuk mempertahankan berat badan ideal, melakukan lima kebiasaan yang tersebut dibawah ini adalah keharusan.

1. Makan Banyak Sayur & Buah
Makan lima hingga sajian sayur dan buah setiap hari tidak hanya penting bagi kesehatan tapi juga menurunkan berat badan berlebih sekaligus mempertahankannya agar tetap ideal. Buah dan sayur mentah adalah makanan rendah kalori yang kaya akan serat --memberi efek perut kenyang dan penuh. Makanlah sayur dan buah yang beragam dan berwarna-warni untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisi.

2. Masak Makanan Sendiri
Karena alasan sibuk, banyak orang lebih pilih membeli makanan siap saji atau makan di luar. Sesekali makan di restoran tidak masalah, tapi jangan jadikan sebagai kebiasaan. Makanan di restoran umumnya memiliki rasa yang lezat karena banyak menggunakan garam, butter, minyak dan lemak yang berlebihan. Sementara itu, memasak akan membantu Anda mengontrol bahan makanan yang digunakan tapi juga mengatur sendiri berapa besar porsi yang dimakan.

3. Makan Gandum Utuh
Gandum utuh memiliki serat yang mengenyangkan juga nutrisi esensial seperti vitamin B6. Vitamin ini membantu mengurangi gejala PMS yang salah satunya cenderung tidak bisa menahan godaan makanan manis dan gurih. Pilihlah makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti bubur gandum, pasta gandum, roti gandum dan nasi merah.

4. Tubuh Harus Aktif
Aktivitas fisik sangat penting dalam proses penurunan berat badan dan mempertahankannya agar tak naik lagi. Pergi ke gym sudah tepat, tapi jangan abaikan juga gerakan sehari-hari yang membantu membakar kalori. Seperti menaiki tangga, jalan-jalan bersama keluarga di taman dekat rumah, mengepel lantai, naik sepeda ke supermarket atau sekadar window shopping di mal.

5. Latihan Kontrol Porsi Makanan
Sesehat apapun makanan yang Anda konsumsi --sayur, kacang, buah atau kentang rebus-- jika porsinya terlalu banyak akan tetap menumpuk lemak dan kalori yang tak berguna bagi tubuh. Hasilnya? Anda tetap jadi gemuk. Kunci untuk dapatkan berat dan bentuk tubuh ideal adalah 'in moderation'. Artinya makan dengan porsi cukup sesuai kebutuhan.

Salah satu makanan yang cenderung dikonsumsi lebih banyak dari porsi semestinya adalah pasta dan nasi. Banyak orang yang menuang ke atas piringnya secara berlebihan. Padahal hanya diperlukan satu cangkir pasta matang atau nasi setiap kali makan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Anda juga bisa makan cake tapi jangan setiap hari. Cukup satu potong kue 1-2 kali seminggu.”               Lifestyle Wolipop, 02 April 2013.

KESEHATAN UNTUK KITA (9)
BERJALAN SELAMA 30 MENIT SETIAP HARI.
   “Pilihan yang paling efektif yang membawa Anda pada situasi menang: Anda memasukkan lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak melalui kegiatan.  Tetapi kami menyarankan satu cara menaikkan jumlah makanan yang dimakan pada saat yang sama  menurunkan kalori!.  Anda dapat makan apa yang Anda suka dari jenis makanan bergizi yang benar (Anda akan segera menyukai semuanya), dan Anda tetap dapat mengurangi berat badan sebanyak 0,45 – 0,9 kg setiap minggu, teristimewa bila Anda mengambil makanan yang terbaik dan Anda berjalan selama 30 menit setiap hari.”
             Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.44.

“MANFAAT OLAH RAGA JALAN KAKI”:
1.Bermanfaat untuk jantung,  tekanan darah tinggi  , jalan kaki secara rutin tiap hari dengan  kecepatan sedang bagus bagi kesehatan jantung, tapi jangan lupa juga makan sehat dan jauhi stress.
2.Bagus untuk sendi-sendi, karena jalan kaki menggerak-gerakan kaki  dan sendi secara teratur , maka sudah pasti sendi kita akan lebih sehat jauh dari penyakit sendi.
3.Baik untuk menurunkan berat badan, kalau kita olahraga jalan kaki secara rutin minimal 30 menit bahkan lebih sehari dalam sebulan saja pasti ada perubahan dalam badan kita, pasti berat badan berkurang walau dikit, tapi jangan lupa banyak makan sayur, kurangin gorengan dan banyak minum air putih, dan disarankan selain jalan kaki, banyak makan sayuran, kurangin gorengan ,  kurangin nasi dan minum air putih.
4.Baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol.
5.Mengurangi stress, dengan jalan kaki secara teratur, maka kita yang suka stress bisa berkurang, kita juga bisa memandang pemandangan yang indah,menghirup udara segar  dan memikirkan banyak hal positif sambil merenung.
6.Bisa membuat otak lebih cerdas, kalau rajin berolahraga maka pelan-pelan  pikiran kita akan lebih terang , sehingga lebih cerdas karena otak akan lebih berkembang,  ini berdasarkan Hasil penelitian ilmuwan Universitas Edinburgh diterbitkan di jurnal Neurology, jalan kaki jauh lebih  bermanfaat dibandingkan dengan   kegiatan yang tidak melibatkan fisik seperti main remi atau kartu dan lainnya.
                                      Kompasiana, 31 Maret 2013.


KESEHATAN UNTUK KITA (10)
KITA TIDAK SADAR JUMLAH GULA YANG KITA MAKAN.
   “Banyak diantara kita yang tidak sadar akan jumlah gula yang kita makan sebab sebagian besar tersembunyi.  Sebagai contoh :
1.   Minuman ringan dan minuman rasa buah-buahan adalah yang terbanyak terselubung.  Misalnya, soda(Fanta, dll)
2.   Kue dan Hasil Susu menyembunyikan kandungan gulanya.  Sepotong cake coklat berisi 15 sendok teh gula; semangkok yogurt dingin berisi 12 sendok teh gula; semangkok puding coklat atau es krim mengandung 6 sampai 8 sendok teh gula.
3.   Gula-gula, seperti permen, sirop, jelli, selai dan lain-lain.
4.   Sereal yang siap dimakan seringkali dipenuhi dengan gula.
   “Dan gula apapun namanya—sucrose, dextrose, glucose, lactose, maltose, fructose, madu, sirop jagung, dan gula tetes—semuanya adalah gula, yang kaya akan kalori, tidak bergizi, dan membuat orang gemuk.”
             Dr. Hans Diehl, Waspadai Diabetes-Kolesterol-Hipertensi, hlm.47-48.

“Berikut ini lima alasan Anda harus mengurangi konsumsi gula, seperti dilansir Sheknows.”

Jantung
Penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Atlanta menemukan, bahwa konsumsi gula pada makanan berakibat buruk bagi jantung. Makanan dengan kadar gula tinggi dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Lebih lanjut menurut Asosiasi Jantung Amerika, konsumsi gula tambahan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit  jantung, dan stroke.

Berat badan
Makanan yang mengandung gula tinggi juga mengandung kalori yang tinggi. Konsumsi kalori yang terlalu banyak adalah penyebab utama naiknya berat badan dan obesitas. Penambahan gula pada makanan tidak akan menambah nutrisi, melainkan hanya kalori. Asosiasi diet di Amerika menyarankan untuk meminum air putih daripada minuman bergula, serta membatasi penambahan gula pada makanan demi kesehatan dan berat badan yang baik.

Diabetes
Selain menambah berat badan, konsumsi gula juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Asosiasi Diabetes Amerika menyarankan untuk membatasi konsumsi gula dan memilih zat lain pengganti gula untuk memberikan rasa manis. Dengan membatasi asupan gula dan memantau kalori dapat membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Kurang energi
Minuman berenergi  mungkin terdengar sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan energi Anda. Namun, kandungan gula yang tinggi di dalamnya justru menghilangkan energi secara drastis begitu gulanya keluar dari sistem tubuh. Anda akan kelelahan dan lebih lapar mengonsumsi makanan tinggi gula namun rendah karbohidrat. Sebagai ganti makanan bergula, pilihlah buah segar atau yoghurt tawar sebagai sumber energi.

Gigi
Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA), makanan dan minuman yang tinggi gula dapat menyebabkan karang dan lubang pada gigi. Gula merupakan makanan bagi bakteri yang memproduksi asam yang dapat membuat lubang pada gigi.