Senin, 04 Maret 2013

Gatal dan Eksim



OBAT ALAMI GATAL DAN EKSIM :
Jika suatu hari anda mengalami gatal-gatal di kulit atau malahan eksim, coba saja dahulu ramuan obat alami gatal dan eksim berikut ini sebelum anda mencoba berbagai obat kimia.

Obat alami gatal dan eksim yang akan saya sampaikan di bawah memakai bahan yang sangat mudah diperoleh, dan yang paling utama obat herbal ini sangat manjur. Silahkan dicoba, ya. Ini resepnya.

Bahan:
Air kelapa muda secukupnya
1 genggam besar beras

Cara membuat:
Agar hasil yang didapat manjur, ikuti cara menramunya sebagai berikut. Rendamlah 1 genggam beras tersebut dalam air kelapa yang masih dalam tempurungnya (jadi jangan pindahkan dulu air kelapanya), rendaman dilakukan di dalam tempurung selama 5 - 7 jam.

 Setelah selesai merendam, angkatlah beras hasil rendaman tersebut, lalu tumbuk sampai halus.

Rekomendasi obat alami gatal-gatal dan eksim: 19 manfaat air kelapa yang dahsyat. Selain itu manfaat air kelapa yang selama ini sudah menjadi rahsia umum yaitu untuk mengatasi keracunan.

Cara memakai ramuan ini anda tinggal mengoleskan pada tempat yang luka, gatal, atau mengalami eksim. Lakukan selama 3-4 hari berturut-turut. Insya Allah gatal atau eksim anda sembuh. Biidznillah. Obat alami gatal dan eksim.
Dikutip oleh H.M. Siagian, 04 Maret 2013.


                                           OBAT TRADISIONAL PENYAKIT EKSIM

Penderita merasakan seolah kulit menjadi tebal dan kelihatan merah, selain itu timbul beberapa atau banyak gelembung kecil yang berisi air atau nanah yang berasa sangat gatal. Apabila gelembung kecil itu saling bersambungan dan pecah, terjadilah pengelupasan kulit luar. Kulit sebelah dalamnya tampak memerah dan basah, mengeluarkan air kotoran. Jika kotoran ini mengering, akan menjadi kerak di bagian kulit yang sakit. Biasanya exim eksim terdapat di kaki, wajah, dan kepala; sering juga di lipatan pangkal paha.


1. Jagalah kulit eksim agar tidak terkena air atau sabun. Untuk membersihkan kulit yang terkelupas, gunakan kapas yang dicelup ke dalam minyak zaitun. Apabila bagian yang sakit selalu basah, taburilah dengan pati garut atau tepung beras yang halus dan kering (sebelum ditaburkan sebaiknya dijemur dulu lebih kurang 2 jam pada terik matahari).

2. Buatkan ramuan berikut:

Bahan:

a. Bengkoang 4 sendok makan
b. Tepung belerang 3 sendok makan
c. Minyak kelapa 2 sendok makan

Cara membuat: Bengkoang dan tepung belerang ditumbuk sampai lumat, lalu campur dengan minyak kelapa. Ramuan ini untuk dioleskan pada eksim sehari 2 kali. Lakukan rutin hingga sembuh.

3. Makanan yang harus dihindari penderita eksim adalah makanan yang berasa pedas, kopi, dan minuman beralkohol.

4. Untuk membersihkan darah dari dalam, buatkan ramuan ini:

Bahan:

a. Temulawak 1 jari tangan
b. Asam 50 gram
c. Gula aren 20 gram
d. Air 500 cc

Cara meramu: Temulawak dicuci bersih lalu diiris tipis. Kemudian semua bahan direbus hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Angkat, dinginkan, dan saring. Ramuan ini diminum sekali habis. Buatkan ramuan ini selama 5 hari berturut-turut. Jika dirasa perlu buatlah lagi bulan depannya.

5. Pada wanita yg menderita keputihan dan lelaki gemuk, sering ditemukan eksim pada lipatan pangkal paha. Sebaiknya eksim ini dibasuh dengan rebusan daun sirih atau daun legundi sehari 2 kali. Setelah itu ditaburi dengan pati atau tepung garut..

Obat Tradisional Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal yang sangat, merah ,kulit menjadi kering, dan bengkak. Kadang-kadang terdapat cairan yang berasal dari bercak yang melepuh. Cairan yang keluar dan kemudian menjadi kering akan membentuk kerak atau keropeng.
Eksim dapat disebabkan oleh:
  • akibat rangsangan zat-zat kimia.
  • rangsangan iklim dan suhu.
  • Kelelahan.
  • kepekatan terhadap zat-zat yang terdapat dalam suatu jenis makanan.
Pengobatan (Pilih salah satu resep di bawah ini) :
Ramuan Obat Tradisional 1 :
  • krokot segar secukupnya ditumbuk hingga halus. Tambahkan garam secukupnya, aduk-aduk, kemudian dioleskan pada eksim.
  • Pemakaian : lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 2 :
  • Daun petai cina/lamtoro yang masih muda secukupnya digiling hingga halus. Tambahkan kapur sirih dan garam secukupnya, aduk-aduk hingga rata kemudian dioleskan pada eksim.
  • Pemakaian : lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 3 :
  • Kunyit yang sudah tua secukupnya diparut. Tambahkan garam dan kapur sirih secukupnya. Aduk hingga rata kemudian dioleskan pada eksim.
  • Pemakaian : lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 4 :
  • 200 cc jus wortel diminum di pagi hari sebelum makan.
  • Pemakaian : lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 5 :
  • Tumbuk 1 potong bayam duri sampai halus
  • Pemakaian : Oleskan pada eksim
Ramuan Obat Tradisional 6 :
  • 5 gram biji bungur yang telah matang, disangrai lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan ½ sendok teh minyak kelapa, lalu aduk sampai rata.
  • Pemakaian : Oleskan di bagian kulit yang terkena eksim
Ramuan Obat Tradisional 7 :
  • Tumbuk 3 lembar daun kecubung sampai halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, lalu panggang di atas api.
  • Pemakaian : Gosokkan dalam keadaan hangat ke bagian badan yang terkena eksim.
Ramuan Obat Tradisional 8 :
  • Cuci akar atau daun bungur lalu rebus bersama air selama 15 menit.
  • Pemakaian : Selagi hangat gunakan untuk mencuci bagian tubuh yang terkena eksim.
Ramuan Obat Tradisional 9 :
  • 10 – 20 lembar daun mimba dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 liter air.
  • Pemakaian : Campurkan dengan air yang akan digunakan untuk mandi. Biarkan air tersebut kering dengan sendirinya pada bagian eksim. Lakukan sekali dalam sehari.
 
CARA MENGOBATI EKSIM DENGAN BUMBU MASAK:
   Eksim : Penyakit kulit yang membentuk lepuh/gelembung kecil pada lapisan kulit.  Ramuan tradisional bumbu masak tersebut adalah:
   Bahan-bahan yang dibutuhkan:
i.             10 gr lengkuas.
ii.           10 gr .kunyit
iii.            3 gr kapur sirih.
Caranya :
   Bersihkan kunyit dan lengkuas dengan air bersih.  Diparut keduanya, lalu parutan dicampur kapur sirih.  Tempelkan pada bagian yang terkena eksim, balut dengan kain perban supaya tidak terkena air.  Lakukan secara rutin.  Usahakan tidak terkena sabun.

   Perbanyak mengkonsumsi: Tahu, tempe, bayam, hati, tomat serta minuman susu.
   Mencegah: Hindari makanan penyebab alergi: daging, ikan laut, rempah-rempah, perubahan suhu dan kelembaban mendadak, keringat terlalu banyak/kepanasan, serbuk bunga, debu, bulu binatag, sabun & deterjen yang terlalu keras, kurangi stess.