Selasa, 19 Maret 2013

Pentingnya Kesalehan




Pendahuluan:

   2 Petrus 1:5-6 “Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan”.

   Kesalehan(Godliness) sama artinya dengan ibadat.  Manusia biasanya hanya melihat kesalehan dan ibadah Anda dan tidak dapat melihat iman yang ada dalam hati Anda.  Orang hanya melihat tingkah laku, gerak-gerik dan ibadah kita.
   Pepatah Tionghoa menyatakan : “Tingkah laku itu berbicara lebih keras daripada perkataan”.

Pembahasan:

   Ibadah itu penting sekali untuk kehidupan kita.  Mari kita lihat contohnya Ayub.  Apa dikatakan dalam Ayub 1:1 : “Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan”.  Dikatakan disini bahwa Ayub adalah seorang yag saleh dan jujur.
   Bagaimana orang bisa tahu bahwa Ayub adalah seorang yang saleh dan jujur, kalau bukan dari tingkah lakunya dan menjauhkan diri dari kejahatan kalau bukan dari gerak-geriknya?.

   Betapa pentingnya ibadat itu.  Semua tingkah laku Ayub disaksikan oleh manusia yang hidup pada zamannya  bahwa dia adalah seorang yang saleh dan jujur.  Lalu apa perkataan Tuhan tentang Ayub?.  Kita baca Ayub 1:8 “Lalu bertanyalah Tuhan kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub?  Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah da menjauhi kejahatan.”

   Dalam hal ini, apa yang dilihat oleh Allah sama dengan apa yang dilihat oleh manusia.  Tuhan melihat hati, dan manusia melihat dari luarnya saja.

    Konklusi :

   Kita harus selalu ada didalam ibadah kita.  Janganlah menjadi orang Kristen KAPAL SELAM.  Naik atau munculnya hanya pada akhir tahun, yakni pada bulan Desember - Januari saja, dan bulan Pebruari sampai Nopember  menyelam lagi.
                                                            =====