Senin, 18 Maret 2013

Kebersihan Dan Kesehatan Dalam Rumah Tangga.




 Rumah tangga adalah tempat pendidikan yang pertama di dalam kehidupan ini.  Sesuatu hal yang dibiasakan di dalam rumah tangga akan banyak mempengaruhi kehidupan anggota keluarga itu.  Kerapian dan kebersihan yang dibiasakan di dalam satu rumah tangga, akan mendorong anak-anak atau penghuni rumah itu hidup rapi dan bersih.
    Perkataan kebersihan sering di hubungkan dengan perkataan kesehatan, sebab satu dengan yang lain sangat erat hubungannya.

    Ada peribahasa mengatakan kebersihan pangkal kesehatan. Peribahasa ini seharusnya benar-benar dilaksanakan tidak hanya sekedar slogan saja. Oleh karena itu, sejak SD, kita telah didoktrin dengan peribahasa ini yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih.     Adalah sangat penting untuk menanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Jika dari kecil sudah terbiasa hidup bersih maka hal ini akan senantiasa dibawa sampai mereka dewasa dan mempunyai keluarga. Memang menanamkan kebiasaan ini sangat sulit namun jika kita dengan sepenuh hati dan disipilin serta telaten maka bukan tidak mungkin kebiasaan ini akan menjadi kebutuhan dalam hidupnya bukan lagi sebuah kewajiban.
   Memang demikian faktanya bahwa jika kita membiasakan hidup dengan menjaga kebersihan maka yang diuntungkan bukan diri kita saja namun lingkungan dan orang lain pun akan menikmati hasilnya.

   Kebersihan harus dimulai dari lingkup yang kecil dahulu, seperti keluarga. Semua anggota keluarga harus mempunyai tanggung jawab penuh agar selalu menjaga kebersihan. Setelah itu, kita bisa mengajak dan memberi contoh kepada lingkungan sekitar untuk selalu menjaga kebersihan, mungkin kita mengajak warga di sekitar lingkungan kita untuk kerja bakti bersama sehingga selain akan tercipta lingkungan yang bersih juga asri.
Kebersihan mencakup beberapa segi:
·         Kebersihan badan
      Kebersihan badan perlu kita jaga sebab badan kita merupakan hal yang penting dan utama dalam kehidupan kita. Kesehatan itu sangat mahal harganya meskipun kita punya segalanya tetapi kalau kita dalam keadaan sakit, hal itu tidak akan ada gunanya kita tidak akan bisa menikmati fasilitas yang ada kalau kita sakit, kita tidak akan bisa merasakan makanan yang enak kalau kita sakit. Nah !! untuk itulah betapa pentingnya kesehatan bagi kita dan salah satunya adalah menjaga kebersihan caranya adalah mandi setidaknya 2x sehari . bila hal itu dapat dilaksanakan, maka kesehatan kita dapat terjaga.
·         Kebersihan pakaian
     Tak kalah pentingnya kebersihan pakaian pun harus kita jaga sebab pakaian yang kotor akan menimbulkan penyakit juga misalnya: Akan menimbukan gatal-gatal pada badan dan tidak nyaman dipakai. Bila pakaian sudah kotor hendaklah segera dicuci.
·         Kebersihan lingkungan / tempat tinggal
      Lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman tinggal didalamnya. lingkungan yang kotor dan kumuh tidak baik bagi kesehatan, sebab udara yang kita hirup dilingkungan yang seperti itu sudah tidak sehat lagi dan hal itu sangat mempengaruhi kesehatan kita akan terganggu. “ bersih itu indah “ jadi jagalah lingkungan yang bersih supaya enak dipandang.
·         Kebersihan makanan
     Makanan yang kita konsumsi setiap hari juga harus kita jaga kebersihanya mulai dari tahap sebelum dimasak, yaitu kita cuci dulu sampai bersih kemudian baru dimasak dengan benar, jika harus direbus, makanan itu harus kita rebus sampai mendidih sehingga kuman yang ada didalamnya akan mati. Jangan sampai kita makan makanan yang tidak bersih, sebab dapat mengakibatkan : diare, muntah, dsb.
   
    Seorang penulis bernama Ellen White memberikan nasihatnya sebagai berikut :  “Ketidak bersihan di dalam rumah tangga adalah suatu kesalahan yang besar, karena hal ini bersifat mendidik…dan memberikan pengaruh yang mendalam.  Sekalipun pada masa bayi, pengarahan yang benar harus diberikan kepada pikiran dan kebiasaan anak-anak.  Tunjukkan kepada mereka bahwa ketidakbersihan, baik dalam tubuh atau pakaian, tidaklah menyenangkan Allah.  Ajarlah mereka membenci segala sesuatu yang jorok dan kotor.”
   Lebih lanjut Ellen White menegaskan, “Setiap bentuk ketidakbersihan cenderung menimbulkan penyakit….Kebersihan yang sempurna, sinar matahari yang limpah, perhatian yang ketat terhadap kesehatan di dalam segala perkara yang remeh di dalam rumah tangga, adalah perlu bagi keadaan yang bebas dari penyakit dan bagi kebahagiaan serta kegairahan anggota-anggota keluarga.”—Mendidik dan Membimbing Anak, hlm.98-100.

   Kesuksesan setiap rumah tangga di dalam kebersihan dan kesehatan adalah kesuksesan bangsa dan negara.
   Demikianlah begitu pentingnya arti kebersihan bagi kesehatan kita,  marilah kita mulai dari diri kita sendiri mulai sekarang juga untuk menjadikan kebersihan sebagai kebutuhan hidup.
                                                                        ==00==