Kamis, 30 Mei 2013

MANFAAT MENGKUDU



Berikut beberapa cara penggunaan buah dan daun mengkudu berdasarkan resep tradisi, yang sudah dibukukan sejak tahun 1934 dalam bahasa Belanda (beberapa sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia), ataupun buku-buku lainnya terbitan Malaysia dan Hawaii (dalam bahasa Inggris):
(1). Untuk pengobatan penyakit radang usus, tekanan darah tinggi, amandel, dan sebagainya, yaitu: 2 buah mengkudu masak dihilangkan bijinya, kemudian daging buahnya dihancurkan, diperas dan airnya dikumpulkan. Kemudian tambah 20 ml madu asli, diaduk, saring kembali, serta air saringannya ditambah air masak sampai 100 ml. Maka larutan inilah yang kemudian diminum sebagai obat. Ternyata ramuan tersebut dapat juga digunakan untuk obat batuk, infeksi mulut, radang tenggorokan, sakit perut, sakit jantung.
(2). Untuk pengobatan penyakit kencing manis, diare, encok, melancarkan air seni serta menguatkan ingatan/fikiran: 4-6 lembar daun mengkudu muda dimakan langsung mentah atau dijadikan urab/sayuran sebelum dimakan.
Masih banyak lagi formula ramuan obat tersebut dari buah dan daun mengkudu yang sudah diuji kemujarabannya.
Ekafood Elnoni.
Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
22-Sep-2012
Mengkudu alias pace atau Noni merupakan buah tropis yang meraih popularitas di Indonesia dan dunia karena segudang khasiat kesehatan yang dikandungnya. Bahkan orang-orang di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat mulai banyak yang mengakui khasiat buah mengkudu baik untuk menjaga kesehatan maupun membantu proses penyembuhan penyakit. Lewat berbagai penelitian independen yang dilakukan sejumlah dokter, ilmuwan serta tim peneliti universitas, ditemukan berbagai potensi kesehatan buah mengkudu baik untuk fisik maupun kesehatan mental. Walaupun tidak dimakan secara langsung, mengonsumsi suplemen mengkudu yang diolah dengan baik juga bisa mendatangkan manfaat-manfaat ini.
Apa saja khasiat buah mengkudu untuk tubuh dan mental? Bila dijabarkan secara umum, khasiat mengkudu dapat meliputi:
1.     Melancarkan sistem pencernaan dengan cara memecah enzim-enzim dalam makanan sehingga lebih mudah diserap serta membuat tubuh memeroleh nutrisi makanan dan minuman secara lebih lengkap.
2.     Mengkudu dapat meningkatkan produksi serotonin secara alami; serotonin merupakan hormon yang menimbulkan rasa senang serta meningkatkan kewaspadaan.
3.     Mengkudu merupakan buah yang kaya akan antioksidan; selain bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh, antioksidan juga bermanfaat menangkal efek buruk dari stres terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan atau sering terpapar polusi.
4.     Mengkudu memiliki khasiat melenturkan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah; ini dapat menurunkan resiko hipertensi sekaligus membuat pikiran menjadi lebih rileks.
Khasiat buah mengkudu yang melimpah membuatnya menjadi sumber suplemen kesehatan serta pendukung penyembuhan penyakit yang populer.
Dragon Noni.
Orang jaman dulu kalau ingin merasakan manfaat buah mengkudu yang sesungguhnya dimakan mentah – mentah atau dibuat jus dicampur dengan beberapa sendok madu agar khasiatnya lebih terasa. Tapi orang jaman sekarang akan berfikir ulang untuk melakukan hal serupa mengkonsumsi mengkudu secara mentah – mentah. Sebab baru mencium baunya saja sepertinya sudah pusing apalagi memakannya mentah. Itulah kelebihan orang jaman dulu jika dibandingkan orang jaman sekarang .
The Floock
Buah yang tampak aneh ini berasal dari Asia Tenggara, seperti sebagian besar buah-buahan aneh yang ada di daftar ini. Buah Ini memiliki beberapa nama, seperti: Indian mulberry, beach mulberry, cheese fruit, dog dumpling, pace, dll. Meskipun tidak diterima oleh kedokteran konvensional, buah noni digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati kram, menstruasi, ketidakteraturan usus dan infeksi saluran kemih.
Penggunaan Tradisional Buah Mengkudu@Noni di Beberapa Masyarakat di Dunia
Buah Mengkudu@Noni banyak ditemui di beberapa negara seperti, Australia, Selandia Baru, India dan lain-lain mempunyai nama yang berbeda di setiap tempat. Walaupun begitu, masyarakat di tempat-tempat ini masing-masing menggunakan buah Mengkudu@Noni ini sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
Misalnya di Kepulauan Karibia, buah Mengkudu@Noni disebut pohon penahan sakit (pain killer tree) karena kegunaanya untuk meredakan rasa sakit seperti bengkak, seleo, patah tulang, demam dan lain-lain. Sedangkan di Asia Tenggara, pohon yang sering disebut “nnhau” itu digunakan untuk menguobati penyakit mulut dan gusi. Masyarakat di Filipina percaya buah Mengkudu@Noni dapat membersihkan usus terutamanya menghindari perut daripada parasit. Masyarakat Melayu baik yang berada di Malaysia maupun Indonesia menggunakan buah Mengkudu@Noni untuk mengobati gangguan ketika buang air kecil, diabetes, batuk, dan pendarahan. Sedangkan masyarakat Myanmar gemar pula memasak gulai buah Mengkudu@Noni yang masih muda dan buah Mengkudu@Noni yang telah matang akan dimakan mentah bersama garam.
Shampoononi-Ajaib.
Menurut Tarwadi, staf Direktorat Teknologi Farmasi dan Medika BPPT sebagaimana ditulis Republika mengatakan banyak sekali manfaat buah mengkudu. Diantaranya : meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, melawan kanker dan tumor, menghilangkan rasa sakit (analgetik), anti radang dan anti alergi, anti bakteri, serta menguatkan dan memperbaiki sistem pencernaan. 
Manfaat lainnya, mengkudu bisa memperbaiki sistem kardiovaskular, menyembuhkan penyakit kulit, menyembuhkan penyakit tenggorokan, memperbaiki gangguan menstruasi, menjaga agar tetap awet muda, dan lain-lain. 
Mengenai zat-zat yang dikandung mengkudu, buah ini mengandung 52% air dan sisanya berupa kulit, biji dan daging buah. Daging buah inilah yang banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat. 
Di dalam daging buah tersebut, terdapat zat terpenoid, yaitu hidrokarbon isometrik yang terdapat pada lemak atau minyak esensila yang berperan dalam proses sintetik organik dalam tubuh manusia. 
Selain itu juga terdapat zat anti kanker Damnachantal, yang melawan tumbuhnya sel abnormal. Pada stadium pra kanker zat ini bisa merangsang pertumbuhan normal sel-sel yang abnormal. 
Selain itu juga terdapat zat anti bakteri. Misalnya acubin, L-asperuloside, alizarin, antraquinon, yang berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi. Kemudian Pseudomonas aeruginosa, Proteus morganii, Staphylococus aureus, Bacillus subtilis, Escherichia coli, Salmonella dan Shigella, semuanya ini bermanfaat untuk mengobati pilek, demam. flu dan infeksi kulit. 
Buah ini juga mengandung berbagai jenis asam. Seperti : asam askorbat yang biasa menangkap radikal bebas, asam kaproat, asam kaprik dan asam kaprilat (asam lemak). Asam-asam inilah yang menyebabkan bau khas dan tajan, terutama asam kaproat dan asam kaprik. 
Zat yang lain adalah Scopoletin, yaitu zat yang berperan dalam pelebaran pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau anti darah tinggi. Selain itu juga, zat tersebut bersifat anti alergi, anti radang dan bisa membunuh jamur Pythium sp. 
Demikian banyaknya khasiat buah mengkudu, tentu terpikir oleh kita bagaimana cara mendapatkan manfaatnya. Dengan kata lain pada umur berapa buah ini sebaiknya digunakan, bagaimana mengolahnya agar tidak merusak zat yang terkandung di dalamnya. Dan inilah yang sekarang sedang diteliti, demikian penjelasan Dr. Listyani. 
Namun secara sederhana, manfaat buah mengkudu bisa diperoleh dengan mengolah buah yang telah tua, tapi jangan terlalu tua, dibersihkan, lalu bisa dibleder, untuk diambil sari buahnya dan di minum. Selamat mencoba.
Sumber : Berita Iptek.
Pabrik penghasil jus buah mengkudu menghilangkan bau tersebut dengan beberapa cara. Cara sederhana: mencampurkan secara rata gula merah atau madu ke dalam larutan jus, menempatkannya di dalam gelas atau botol, dan menyimpannya antara 2-4 hari, sehingga terjadi proses fermentasi. Selama fermentasi komponen asam penghasil bau akan terurai, hingga baunya menjadi hilang. Di pabrik yang sudah maju, bau dihilangkan secara fisik, kimia, dan biologis.