Kamis, 10 Januari 2013

Kapan Dan Dimanakah Pendidikan Anak Dimulai?




Pendahuluan:
   Sebagai umat Tuhan yang menunggu kedatangan Juruselamat kita, adalah merupakan kesempatan dan kewajiban istimewa bagi kita untuk mengatur rumah tangga kita agar sesuai dengan pola yang dinyatakan dalam Alkitab dan tulisan Roh Nubuat.
   Ulangan 6:6,7 “ Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabilah engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Pembahasan:
   Kapankah Pendidikan Anak itu dimulai?
   Adalah merupakan rencana Allah bahwa para orang tua memulaikan pendidikan anak-anak mereka ketika anak-anak itu masih kecil, dari masa infancy (sejak bayi) atau sejak masa pertumbuhan.

   Mari kita lihat beberapa contoh Rumah Tangga Kristen dalam Alkitab.
1.   Keluarga Amram dan Jockebed di Mesir.

Mereka saat itu sedang berada didalam perhambaan. Didalam keluarga ini  Musa telah menerima instruksi atau pengajaran selama 12 tahun.

Meskipun Musa selama tahun-tahun ini berada di lingkungan istana Raja Firaun, suatu tempat keplesiran, dosa-dosa dan pengaruh kekafiran, namun ia setia kepada Allah dan menghidupkan kehidupan yang sederhana di rumah.

2.   Bagaimana Elkana dan Hana – orang tua Samuel?.

Hanna adalah seorang wanita yang dengan penuh perasaan dukacita yang dalam, berdoa kepada Tuhan Allah agar seorang anak dikaruniakan baginya.  Doanya di jawab dan Samuel pun dilahirkan.

Ketika dia pergi ke Shiloh, Hanna membawa persembahan kepada Allah dan menyerahkan Samuel kepada Imam Eli waktu ber usia tiga tahun.

1 Samuel 1:27,28 “Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan Tuhan telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari pada-Nya.  Maka aku pun menyerahkannya kepada Tuhan; seumur hidup terserahlah ia kiranya kepada Tuhan.”

Kita mengetahui selanjutnya bahwa Samuel telah menjadi salah seorang Nabi besar, menjadi seorang pendidik dan reformer di Israel.
3.   Daniel bersama tiga orang temannya.

Dasar-dasar tabiat dan kehidupan rohani yang dimiliki oleh Daniel dan tiga orang temannya itu juga diperkembangkan mereka di dalam keluarga mereka.

4.   Rasul Paulus menyebut tentang nama Lois dan Eunike, yakni nenek dan ibu Timotius.  Kita baca dalam 2 Timotius 1:5 :”Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu”.
      Tentu masih banyak lagi contoh mengenai rumah tangga Kristen dalam Alkitab.

5.   Rumah Tangga Yusuf dan Maria di Nazareth :

“His mother was His first human teacher.  From her lips and from the scrolls of the prophets—He learned of heavenly things.  The very words which He Himself had spoken to Moses for Israel He was now thaught at His mother’s knee”. E. G. White, Desire of Ages hlm.70.

Oh,..tentu satu rumah tangga yang luar biasa!. Pelayanan Yesus di bumi ini dimulai di lutut ibu-Nya.  Jadi pendidikan Kristen dimulai di rumah tangga.

Konklusi :
   Para bapa dan ibu yang kekasih,…
   Bagaimanakah anda mendidik anak-anakmu?.  Ingat : Di lutut ibu mereka!.
   Apakah anak-anak itu di latih dan dipersiapkan untuk pekerjaan yang berguna atau untuk bermain-main di jalanan?.

   Kita hidup pada akhir zaman dimana karunia Allah di masyhurkan ke seluruh dunia ini.  Tuhan segera akan datang dan Ia akan membawa upah bagi setiap orang yang berserah kepada-Nya.  Dengan penuh hikmat, saya bertanya : Pada waktu itu nanti, dimanakah anak-anak kita berada?.

                                      =======ooo======